UHO Berikan Pendampingan Tenaga Ahli kepada Pemkab Butur

43
Muhammad Zamrun Firihu

KENDARI, BKK- Universitas Halu Oleo (UHO) memberikan pendampingan tenaga ahli kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Utara (Butur).

Pendampingan tenaga ahli UHO tersebut dalam rangka menyelesaikan dan mensukseskan program pembangunan yang sejalan dengan visi misi Bupati Butur Dr Muh Ridwan Zakariah.

Rektor UHO Prof Muhammad Zamrun Firihu soal ini menjelaskan, secara kelembagaan UHO berusaha untuk mendampingi pemerintah kabupaten (pemkab), khususnya Butur dalam rangka mewujudkan visi misi bupati beserta jajaran.

“Jadi, untuk menyukseskan pembangunan di Butur, secara kelembagaan UHO akan mendampingi dalam segala sektor,” bebernya, usai menggelar rapat pendahuluan dengan Pemkab Butur, di aula senat UHO, Rabu (12/1).

Lebih jauh, ia mengatakan, pendampingan kampus hijau kepada Pemkab Butur ini merupakan yang pertama kali. Dalam pendampingan ini tenaga ahli UHO sudah dilibatkan dalam proses perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, serta program-program pembangunan yang ada di Butur.

“Sebenarnya MoU (memorandum of understanding) dengan Pemkab Butur sudah kita laksanakan sejak bupati sebelumnya. Tapi MoU itu sebatas pendidikan atau pengajaran, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat. Sekarang ini lebih luas masuk di teknis, dan mulai hari ini (kemarin, red) sudah bisa dilaksanakan,” ucapnya.

Sementara, Bupati Butur Muh Ridwan Zakariah mengatakan, ada 4 agenda kegiatan strategis daerah untuk pendampingan tenaga ahli dari UHO, mulai pemenuhan standar pelayanan minimal pada 7 organisasi perangkat daerah (OPD), pengukuran indeks kepuasan masyarakat.

Selanjutnya, analisis pencapaian 18 indikator Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Butur 2021- 2026, dan analisis kelayakan daerah terhadap badan usaha milik daerah (BUMD) serta analisis kelayakan usaha.

Ridwan Zakariah berharap, dengan pendampingan tenaga ahli UHO, rencana  strategis daerah Butur dapat terlaksana dan berakhir dengan sukses.

“Saya pikir yang namanya pembangunan sekarang ini tidak bisa hanya mengandalkan pengalaman dan ilmu pengetahuan semata. Makanya, pemkab meminta bantuan kepada tenaga- tenaga ahli UHO sekaligus sebagai konsultan, semoga berdampak kepada kemajuan Butur,” ucapnya. (din/iis)

Facebook Comments Box