60 Kube Bakal Terima Bantuan Bibit Rumput Laut

310
La Kusa

RAHA, BKK – Sebanyak 60 Kelompok Usaha Bersama (Kube) di Muna bakal mendapatkan bantuan berupa bibit rumput laut pada 2022 mendatang.

Itu dilakukan untuk meningkatkan produksi rumput laut di daerah yang dipimpin Bupati LM Rusman Emba.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Muna, La Kusa mengatakan pada tahun 2022 mendatang, pihaknya bakal menganggarkan Rp2 miliar untuk pengadaan bibit yang diperuntukkan kepada 60 Kube petani rumput laut

“Pada tahun 2022, DAK (dana alokasi khusus) kita naik menjadi Rp7 miliar. Kalau tahun sebelumnya, DAK sangat kecil, jadi budidaya rumput laut tidak pernah tersentuh,” katanya, Kamis (2/12).

Selain bantuan bibit, tambah dia, DKP Muna juga bakal memberikan bantuan berupa jangkar, botol dan tali yang nantinya bakal digunakan untuk pembibitan rumput laut.

“Bantuannya dalam bentuk paket. Kemudian mulai dari dalam laut sampai didarat kita bantu,” tambahnya.

Dijelaskannya, penerima bantuan kebun bibit rumput laut ini, arah pengelolaannya harus menjadi penyedia bibit bagi para petani budidaya rumput laut yang berada disekitarnya. Dengan syarat harga jual bibit harus lebih murah dari yang terjadi sebelumnya.

“Para penerima bantuan ini kita modali dari awal. Kalau selama ini harga jual tiga rentang bibit Rp1 juta atau Rp1,5 juta, nanti mereka jual dengan harga Rp500 ribu sampai Rp600 ribu,” ujarnya.

Dengan adanya bantuan ini, dirinya meyakini produksi hasil rumput laut di Kabupaten Muna bakal meningkat sekitar 40 sampai 60 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. (tri/nan)

Facebook Comments Box