Ratusan Peserta Ikuti Sirawati XI FHIL UHO

1.046
Penyerahan ijasah, transkrip nilai dan SKPI secara kolektif dari Dekan FHIL UHO (kanan) kepada Ketua Jurusan Ilmu Lingkungan FHIL.

KENDARI, BKK- Sebanyak 143  peserta mengikuti  Silaturahmi dan Ramah Tamah Wisuda (Sirawati) XI, yang diselenggarakan Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan (FHIL) Universitas Halu Oleo (UHO), bertempat di Aula FHIL UHO, pada Senin (15/11).

Mulai para alumni, orang tua alumni serta sivitas akademika FHIL UHO, bertajuk “Merajut Persaudaraan dalam Membangkitkan Jiwa Profesionalisme yang Beriman dan Bertakwa di Era Persaingan Global 4.0”

Penyerahan piagam penghargaan kepada alumni terbaik I, II, dan III, tingkat Jurusan Kehutanan dan Jurusan Ilmu Lingkungan.

Dekan FHIL UHO, Prof Aminuddin Mane Kandari mengatakan, Sirawati XI merupakan bagain dari pengejahwantaan program Ayo M3PS dalam Bingkai 651. Bahwa kami mengajak Mengajar, Meneliti, Mengabdi, dan Publikasi. kemudian kegiatan apapun yang kita lakukan baik mengajar, meneliti, mengabdi, tidak akan berarti apa-apa bila tidak dipublikasikan. Semua itu dilandasi oleh Silaturahmi dan Persaudaraan.

Ia menjelaskan, dalam bingkai 651 memberikan makna bahwa setiap apa yang dilakukan dalam kerangka akademik, kata dia, selalu bersumber pada firman Allah dam sabda Nabi Muhammad SAW yang relevan dengan aturan dan perundang- undangan yang berlaku baik level nasional, regional, maupun lokal.

Seusai penyerahan piagam penghargaan dari ketua panitia (tengah) kepada dosen berprestasi.

“Saya terinspirasi pada satu moto bersama, yakni Bersama kita Bisa, dari Kita untuk Semua,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia La Ode Agus Salim Mando SHut MSc menuturkan, tema Sirawati XI ini merupakan manivestasi dari falsafah hidup dan kehidupan sivitas akademika FHIL UHO dalam 3 tahun belakangan, dan juga manivestasi dari visi FHIL UHO, sambung dia, yakni merajut persaudaraan dalam membangkitkan jiwa profesionalisme.

Lanjut dia, yang tercermin melalui pengejahwantaan program M3PS dalam bingkai 651. Ayo M3PS yang berarti mari Mengajar, Meneliti, Mengabdi, Publikasi yang dilandasi oleh semangat Silaturahmi atau Persaudaraan.

Suasana foto bersama seusai pelaksanaan Sirawati XI.

“Sehingga akan lahir insan akademika FHIL yang profesional dan mengedepankan persaudaraan.  Kemudian kata Membangkitkan Jiwa Profesionalisme yang Beriman dan Bertakwa, juga telah tertuang dalam bingkai 651 yang berarti 6 mengandung unsur dalam setiap gerak dan langkah sivitas akademikan FHIL UHO bersumber pada Kitabullah (firman Allah); Sunah Rasul;  Undang-undang, Peraturan Pemerintah, Peraturan dan Keputusan Presiden;  Statuta UHO; Peraturan dan Keputusan Senat UHO, Peraturan dan Keputusan SPI; Peraturan, kebijakan, dan Keputusan Rektor, edaran  dan Keputusan Dekan,” ucapnya.

Selanjutnya 5 adalah dasar hukum Negara kita yakni Pancasila : 1) Ketuhanan yang Maha Esa; Kemanusiaan yang Adil dan Beradab; Persatuan Indonesia; Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat  Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan; Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Kemudian semuanya terinspirasi dalam 1 Moto yaitu Bersama Kita Bisa, dari Kita untuk Semua.

Sehingga diharapkan akan lahir insan akademisi FHIL UHO yang tidak saja profesional, nasionalis, akan tetapi juga beriman dan bertaqwa. Kata “Di era persaingan global 4.0″, merupakan manivestasi dari Visi FHIL 2020-2024, “Menjadi fakultas yang unggul di asia tenggara bidang kehutanan dan lingkungan berbasis restorasi ekologis pada wilayah perdesaan dan pesisir secara berkelanjutan  2045”.

Yang telah terejahwantahkan melalui kebersamaan dan kerjasama yang dibangun baik dalam skala lokal, nasional, dan Internasional serta didukung oleh Dosen-dosen dalam dan luar negeri, maka jangankan asia pasifik, dalam level dunia pun FHIL dapat mensejajarkan dirinya.

“Alhamdulillah wisudawan-wisudawati mempunyai jumlah yang terbesar selama era konormalan baru, yakni berjumlah 40 orang. 32 orang dari Jurusan Kehutanan dan 8 orang dari jurusan Ilmu lingkungan. Tentunya ini patut kita syukuri bersama sebagai nikmat Allah untuk, semoga memberikan barokah, amin,” tuturnya.

Ucapa terimakasih yang sedalam-dalamnya kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusinya bahu membahu untuk menyukseskan acara Sirawati XI.

Sementara itu, Lulusan Terbaik yang Mewakili Wisudawan,  ARIS, S Ling mengucapkan, suata kehormatan sangat besar buat dirinya, bisa mewakili wisudawan menyampaikan sepata kata di depan.

Sambung dia, setelah sekian lama berjuang bergelut dengan kegiatan perkuliahan dan tugas akhir yang begitu luar biasa menyita waktu, tenaga, pikiran, bahkan materi, akhirnya dapat menyelesaikan semua dengan penyematan gelar sarjana Kehutanan dan Lingkungakungan.

“Namun, ketahuilah teman-teman wisudawan/wisudawati perjuangan kita belumlah usai, justru perjuangan kita baru saja dimulai. Apa yang telah kita raih pada hari ini tidak lepas dari bantuan dan pengorbanan orang di sekitar kita. Oleh karena itu, ucapan terimakasih tak terhingga patut kami haturkan kepada orang tua, dosen yang telah mengajar dan membimbing tentang nikmat yang begitu besar, baik berupa ilmu, etika, sikap dan perilaku,” ungkapnya.

Sehingga mengantar kami menjadi insan yang berkarakter yakni beriman, berilmu, dan berbudi mulia. Kemudian kepada staf dan karwayan, tenaga keamanan dan kebersihan, kami tak lupa mengucapkan terimakasih, karena dengan jasa-jasa kalianlah, proses perkuliahan, seminar dan ujian skripsi dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Sebelum mengakhiri, mewakili mahasiswa kiranya FHIL, lebih memperbanyak kerja sama dengan seluruh Insntasi pemerintah dan lembaga swasta yang ada di Sulawesi tenggara, nasional, bahkan internasional sehingga dengan kerja sama tersebut bisa membuka lapangan pekerjaan buat alunminya itu sendiri.

“Saya berharap, FHIL  dapat membanyak jumlah kuota penerima beasiswa bidikmisi, PPA, dan beasiswa lainnya karna pada dasarnya mahasiswa yang melanjutkan kuliahnya disini mempunyai ekonomi menengah ke bawah,” pungkasnya. (din)

Facebook Comments Box