Peserta BPJS Masuk RS Bahteramas Wajib Lampirkan Surat Rujukan

80
dr H Hasmudin SpB. (FOTO: FAYSAL/BKK).

KENDARI, BKK- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menegaskan, bagi masyarakat yang masuk dalam kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan ingin menjalani perawatan di Bahteramas, wajib melampirkan surat rujukan.

Direktur RS Bahteramas dr H Hasmudin SpB mengungkapkan, Rabu (24/11), ini aturan dari BPJS itu sendiri.

Dokter spesialis bedah ini melanjutkan, peserta BPJS bisa masuk Bahteramas dengan posisi emergency, lewat unit gawat darurat (UGD) tanpa membawa surat rujukan dibolehkan.

“Tapi, kalau dia lewat poliklinik tidak bisa, karena dia nanti akan ditolak di poliklinik oleh BPJS sendiri. Untuk itu, bagi masyarakat yang ingin menjalani perawatan harus membawa rujukan,” jelasnya.

“Emergency, seperti, kecelakaan atau tiba-tiba sesak nafas, penyakit jantung sudah tidak bisa pergi ke puskesmas bisa ke Bahteramas tetapi lewat emergency yakni UGD. Dan, nanti diseleksi apakah bisa rawat jalan, maka dikasih pengantar rawat jalan atau kembali ke puskesmas untuk urus rujukan,” tambahnya.

Dijelaskan pula, rujukan itu sendiri berjenjang, misalnya, dari puskesmas ke rumah sakit tipe C dulu, setelah rumah sakit tersebut tidak bisa menangani pasien baru melakukan rujukan ke RS Bahteramas.

“Kalau tidak melewati jalur yang ditentukan pemilik kartu BPJS tidak akan diterima,” ungkapnya.

Jika pasien sudah telanjur masuk rumah sakit, akan dilihat kembali apakah lewat poliklinik atau UGD.

“Kalau lewat poliklinik itu harus kembali lagi, karena BPJS itu harus dilampirkan bukti rujukan. Olehnya itu, saya meminta kepada masyarakat kalau ingin menjalani perawatan di Bahteramas agar terlebih dulu urus surat rujukan. Karena kalau masuk umum pasti banyak membayar, sementara BPJS gratis,” tandasnya. (cr3/iis)

Facebook Comments Box