Pemkab Konsel Deklarasikan Ranomeeto sebagai Kecamatan Bebas ODF

34
Penyerahan plakat penghargaan dan hadiah bagi pemenang pengelola program Puskesmas Tingkat Kecamatan Ranomeeto.

ANDOOLO, BKK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) mendeklarasikan Kecamatan Ranomeeto sebagai kecamatan bebas open defecation free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan (BABs).

Ditunjuknya Ranomeeto sekaligus kecamatan pertama di Kabupaten Konsel karena memenuhi proses verifikasi yang telah diadakan sebelumnya oleh pihak berkompeten.

Bupati Konsel, Surunuddin mengapresiasi kinerja pemerintah kecamatan, kelurahan/desa dan jajaran Puskesmas Ranomeeto yang telah bahu-membahu menyadarkan masyarakat dan mensosialisasikan akan pentingnya menjaga kesehatan keluarga, khususnya tidak BABs dibuktikan dengan adanya deklarasi ODF hari ini.

“Pemerintah telah memberikan perhatian dibidang higiene dan sanitasi dengan menetapkan ODF Kecamatan Ranomeeto disusul kecamatan lainnya. Sejalan dengan komitmen kita capai target millenium development goals yakni peningkatan akses air minum dan sanitasi dasar khusus penduduk yang belum terakses,” ungkapnya.

Disebutkannya, mendukung hal tersebut sekaligus mengantisipasi trend penyakit infeksi tropis, Pemkab melakukan terobosan dengan pencanangan pembangunan Puskesmas diseluruh kecamatan sesuai standar kementerian kesehatan.

“Dan dengan terobosan ini yang awalnya dicibir segelintir orang, upaya preventif dan kuratif benar benar dimaksimalkan, terbukti saat pandemi Rumkit Kabupaten tidak kewalahan karena didukung tersedianya infrastruktur sarana dan prasarana di Puskesmas yang memadai,”katanya.

Bupati dua periode ini menambahkan, menjaga kesehatan adalah segalanya. Adanya wabah Covid-19 mengajarkan kepada kita semua untuk mitigasi dalam upaya meminimalisir dampak ditimbulkan, karena bukan hanya masalah kesehatan tapi juga bisa melemahkan bahkan meluluh lantakkan sendi perekonomian suatu negara.

“Untuk itu saya meminta seluruh masyarakat Konsel agar membiasakan berperilaku hidup sehat, dan selain upaya kesehatan yang bersifat pengobatan, upaya promotif dan preventif mesti dilaksanakan dengan disiplin tinggi seperti tidak BABs dan senantiasa menjaga kebersihan lingkungan sehingga Desa Maju Konsel Hebat yang masyarakatnya sehat sejahtera terwujudkan merata,” pungkasnya

Menyambung keinginan Bupati Surunuddin yang meminta masyarakat telah tervaksin, ia mengatakan saat ini Puskesmas terus melakukan vaksinasi massal.

“Sesuai data dari total 13 ribu sasaran seluruh Kecamatan Ranomeeto telah tervaksin 9 ribu dosis yang akan dirampungkan hingga akhir Desember tahun ini juga. Olehnya selain sosialisasi dan pemanggilan langsung berharap seluruh lapisan masyarakat datang ke Puskesmas untuk melaksanakan vaksin yang telah dinyatakan aman dan terjamin,”tutupnya. (ril/nan)

Facebook Comments Box