Pemkab Butur Genjot Pelaksanaan Vaksinasi

35
Ketgam: Salah seorang pelajar mengikuti vaksinasi di Butur (Istimewa)

BURANGA, BKK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Utara (Butur) terus menggenjot percepatan vaksinasi di seluruh wilayahnya.

Hingga saat ini, Satuan Tugas (Satgas) bersama TNI/Polri serta Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat hampir tiap hari membuka layanan vaksinasi. Selain di beberapa lokasi yang ditentukan, vaksinasi juga rutin dilakukan di Puskemas yang ada di daerah setempat.

Dari data kewaspadaan terintegrasi Satgas Covid-19 Butur, Senin 22 November 2021 terpantau capaian vaksinasi dosis pertama sebanyak 16.532 atau 32,99 persen, dosis kedua 8.805 atau 17,57 persen dan dosis ketiga sebanyak 83 orang atau 0,17 persen.

Juru bicara Satgas Covid-19 Butur dr Muhammad Ali Badar mengatakan, Satgas Covid-19 Butur, terus membuka ruang yang ingin melakukan vaksinasi Covid-19 baik masyarakat maupun pelajar.

Sedangkan untuk jadwal rutin vaksinasi, sambungnya, belum ada kepastian yang ditetapkan. Sebab pelayanan vaksinasi sesuai dengan kebutuhan dari permintaan Desa atau instansi terkait.

“Sementara belum ada jadwal rutin. Karena vaksin terbatas, biasanya disesuaikan dengan permintaan masyarakat suatu desa atau institusi jika sasaran banyak,” ujarnya.

Ali Badar mengaku, pihaknya terus menggenjot peningkatan jumlah masyarakat yang melakukan vaksinasi. Hal itu, untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga Covid-19 tidak dapat lagi menyebar. Vaksinasi itu pula guna memenuhi target nasional jumlah masyarakat yang divaksin.

Oleh karena itu, pria yang berprofesi sebagai dokter ahli dalam ini mengharapkan kepada seluruh masyarakat Butur untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Sebabnya, terang dia, virus corona inj belum berakhir.

Sementara itu, salah seorang pelajar yang sudah melakukan vaksinasi tahap I dan II, Ali mengaku dirinya sangat senang dengan adanya vaksinasi gratis. Apalagi pelayanannya dilakukan langsung di sekolah.

“Alhamdulillah saya sudah masuk tahap II mendapatkan vaksinasi. Semuanya berjalan lancar. Tidak ada kendala apapun ketika saya disuntik. Aman-aman saja,” imbuhnya. (dar/nan)

Facebook Comments Box