Beri Kemudahan Pelayanan Kesehatan

71
Pemkot Baubau menggalakkan vaksinasi.

Pemerintah Kota Baubau memberikan kemudahan pelayanan vaksinasi Covid-19 sebagai upaya menyukseskan program pemerintah pusat. Salah satu upaya yang dilakukan dengan menambah waktu kerja seluruh puskemas sehingga pelayanan vaksinasi gratis kini bisa diakses setiap hari.

Upaya inipun cukup membuahkan hasil. Tercatat capaian vaksinasi berdasarkan data 22 November 2021, capaian sudah mencapai 77.474 orang atau 64,41 persen dari target 120.281 orang.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Baubau, Sitti Munawar mengatakan, selain pelayanan tiap hari, seluruh camat dan lurah juga dilibatkan untuk menyasar warga yang belum divaksin agar pelaksanaan vaksinasi dilakukan secara merata.

“Kita ingin camat dan lurah mengadvokasi keluarga-keluarga supaya bisa segera vaksin. Sehingga, kita bisa tekan laju penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Pelibatan camat dan lurah ini diharapkan mampu mendongkrak capaian vaksinasi hingga 70 persen sesuai target nasional sampai akhir tahun 2021 nanti.

“Mereka diminta menggandeng pihak TNI/Polri untuk intens melakukan sosialisasi dan imbauan kepada warga mereka agar melakukan vaksinasi, sehingga penyebaran Covid-19 di tiap-tiap wilayah bisa ditekan. Dengan begitu kita optimis 70 persen target vaksinasi tadi bisa kita capai,” ungkapnya.

Selain pelayanan vaksin, Dinkes Kota Baubau juga membuka layanan swab antigen gratis di UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Baubau dan 17 Puskesmas yang ada.

“Layanan juga dibuka setiap hari kerja mulai pukul 09.00 WITa. Masyarakat cukup membawa KTP,” kata Kepala Bidang Pencegahan Penyakit Dinkes Baubau, Marfiah Tahara.

Program swab antigen gratis kepada masyarakat gencar dilakukan karena menjadi program prioritas. Program ini memudahkan petugas melakukan penelusuran kontak erat (tracing) sehingga mempermudah menemukan warga yang terpapar Covid-19.

“Sekarang ini kita fokuskan layanan swab antigen di seluruh Puskesmas dan Labkesda agar masyarakat mudah mendapatkan pelayanan,” imbuhnya.

Pemerintah juga memberikan kemudahan kepada masyarakat dengan bisa membuat janji apabila petugas siap membuka pelayanan.

“Kalau kenal dengan petugasnya dan mereka siap lakukan pelayanan di luar hari kerja maka itu tetap gratis. Semua tergantung kesiapan petugas Labkesda atau petugas Puskesmasnya,” katanya. (adv)

Facebook Comments Box