Anak Petani, Sukses Jadi Lulusan Terbaik USN Kolaka

2.107
Musliha (cadar hitam) saat menerima pengharhaan sebagai lulusan terbaik dari Rektor USN, Dr Azhari.

KOLAKA, BKK – Musliha, mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka menjadi lulusan terbaik dengan IPK 3,95.

Anak bungsu dari pasangan suami istri Tamrin dan Nawiah ini berhasil menyelesaikan pendidikan strata satu-nya dengan waktu yang cepat, yakni 3 tahun 8 bulan, meskipun sempat terkendala biaya disebabkan kedua orang tuanya hanya berprofesi sebagai petani.

Musliha mengaku selama menempuh pendidikan di bangku kuliah ia merasakan susah dan sedihnya, bahkan sebelum memutuskan kuliah orang tuanya bahkan tak merestui keputusannya itu.

“Lebih banyak dukanya karena setelah lulus SMA memang bapak larang untuk kuliah, tetapi saya buktikan dengan lulus cepat serta cumlaude,” ucapnya saat diwawancarai usai pelaksanaan Wisuda X Strata Satu dan Diploma 3 di salah satu hotel di Kolaka, Rabu (24/11).

Selama menempuh kuliah Musliha
sempat mendapatkan beasiswa PPA, meski hanya berlangsung satu semester, setelah itu ia harus berjuang untuk mencukupi kebutuhannya dengan menyediakan jasa pembuatan makalah dan tugas kepada teman-temannya bahkan ia pernah menjadi karyawan di sebuah tempat laundry di Kolaka.

“Kan sehari-hari saya sering kerjakan tugas teman, dari situ Alhamdulillah dapat sedikit membantu uang jajan selama kuliah, dan saya juga ada sampingan kerja di laundry,” katanya.

Baginya, ia tak dapat menempuh pendidikan lanjut dan meraih prestasi sebagai lulusan terbaik tanpa dukungan dari kedua orang tuanya, sebab itu ia bersyukur masih diberikan kesehatan dan kesempatan untuk membahagiakan kedua orang tuanya.

“Bapak itu patriot, mama itu sesuatu yang tidak bisa didefinisikan dengan kata, semoga dengan prestasi ini dapat membahagiakan kedua orang tua saya kelak,” harapnya. (cr5)

Facebook Comments Box