Warga Desa Kawitewite Muna Akhirnya Nikmati Air Bersih Berkat DAK

99
Air bersih akhirnya mengalir ke rumah-rumah warga Desa Kawitewite Kabupaten Muna.

RAHA, BKK- Warga Desa Kawitewite Kecamatan Kabawo Kabupaten Muna Sudah bertahun-tahun mengalami krisis air bersih.  Kondisi ini akhirnya teratasi berkat dan alokasi khusus (DAK) 2021 sebesar Rp865 juta.

“Pengembangan jaringan SPAM (sistem penyediaan air minum) Kawitewite ini kita   kembangkan dari kegiatan pamsimas (program nasional penyediaan air minum) sebelumnya. Anggarannya dari DAK 2021 senilai Rp865 juta,” beber Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Kabupaten Muna Mustajab, Sabtu (9/10).

Dikatakan, kegiatan pamsimas sebelumnya yaitu pengadaan mesin dan sumur bor.  Sedangkan bangun penampung, jaringan, dan sambungan rumah dikerjakan Dinas PUPR Muna.

Mustajab mengungkapkan, jarak penampung ke rumah warga ini sekitar 3 km. Selanjutnya Proses pengelolaannya diserahkan ke pemerintah desa setempat.

“Sebelum akhir Desember 2021, proyek air bersih ini akan kami serahkan ke pemerintah desa. Pasti ada biaya operasionalnya, seperti listrik, nanti pemerintah desa yang akan kelola dengan masyarkat,” pungkasnya. (tri/man)

Facebook Comments Box