Proyek Sudah Dilelang dan Tanda Tangan Kontrak, Pinjaman Tak Kunjung Cair dari PT SMI

57

RAHA, BKK- Sejumlah proyek di Kabupaten Muna yang dibiayai melalui dana pinjaman dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sudah selesai dilelang dan tanda tangan kontrak. Sayang, dana pinjaman sebesar Rp233 miliar tersebut belum juga cair.

“Semua kegiatan yang sumber dananya dari pinjaman sudah kita lelang dan tanda tangan kontrak. Pelaksanaanya tinggal tunggu dana cair dari PT SMI,” kata Kepala Bagian Unit Layanan Pengadaan (ULP) Muna Sahrun, Selasa (12/10).

Dia merinci, dana tersebut bakal digunakan untuk membangun infrastruktur. Di antaranya, stadion olah raga dengan anggaran Rp17 miliar, pabrik jagung dengan Rp13 miliar, rumah sakit senilai Rp6 miliar, dan pembangunan pasar baru di Laino Raha Rp10 miliar.

Ditempat terpisah, Kadis PUPR Muna Eddi Uga mengungkapkan, dari dana tersebut intansi yang dipimpinnya hanya mengerjakan dua item kegiatan yaitu pengaspalan jalan dan pembangunan SPAM.

“Ada 2 kegiatan saja di PUPR Muna yaitu pengaspalan jalan poros sebayak 36 poros. Kemudian pembangunan pipa tersier SPAM Kontunaga, SPAM Pentiro dan dalam Kota Raha.  Kalau anggaran pembangunan pipa tersier ini lebih Rp 7 M,” kata Eddi Uga.

Sementara itu, Kepada Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Muna Amrin Fiini menuturkan, pencairan dana pinjaman masih dalam proses administrasi.

“Masih lengkapi administrasi. Kita harus menyiapkan APBD refocusing dan bayar biaya administrasi sebesar 0.185 persen dari total pijaman atau sekitar Rp200 juta ke PT SMI. Dana yang akan cair 25 persen dari total pinjaman atau sebesar Rp56 miliar,” katanya. (tri/man)

Facebook Comments Box