Polda Tetapkan 4 Tersangka Korupsi Proyek Pabrik Rumput Laut di Buton Tengah

359

KENDARI, BKK- Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengusut dugaan korupsi pembangunan pabrik rumput laut di Kabupaten Buton Tengah (Buteng).

Kepala Subdirektorat (Kasubdit) III Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskimsus) Polda Sultra Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Honesto R Dasinglolo menuturkan, kasus ini dilaporkan sejak 2020.

Pihaknya, sambung dia, telah memeriksa puluhan saksi dan menemukan adanya kerugian negara sebesar Rp1,2 miliar hasil audit dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

“Untuk kasus itu kita telah menetapkan 4 orang tersangka masing-masing dari pihak pemilik pekerjaan Dinas Perikanan setempat dan pihak rekanan,” papar Honesto, Jumat (30/9), saat ditemui di Mapolda Sultra.

Disebutkan, anggara proyek pengerjaan pabrik rumput laut di Buteng ini sebesar Rp12 miliar,  dananya bersumber dari anggaran pendapatan belanja negara (APBN).

Proyek ini dikerjakan pada 2016 lalu, namun dalam pelaksanaannya diduga ada pengerjaan yang tidak sesuai spesifikasi sehingga mengakibatkan kerugian negara.

“Modusnya pengerjaan proyek ini tidak sesuai spesifikasi sehingga membuat bangunan dan pabrik tidak bermanfaat dengan baik,” terangnya. (cr2/iis)

Facebook Comments Box