Polda Segera Limpahkan Berkas Perkara 4 Tersangka Korupsi Pabrik Rumput Laut Buteng

151
Kopol Dolfi Kumaseh.

KENDARI, BKK- Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) telah merampungkan berkas perkara 4 tersangka kasus dugaan korupsi pembangunan pabrik rumput laut di Kabupaten Buton Tengah (Buteng).

Selanjutnya, penyidik tinggal melimpahkan berkas tahap satu untuk diteliti Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sultra.

“Keempat tersangka dan saksi-saksi telah diperiksa. Berkas perkaranya sudah lengkap, rencana besok (hari ini, red) ekspos di Kejati. Setelah itu (berkas perkara tahap satu) akan dilimpahkan, ” ujar Kepala Subbidang Penerangan Masyarakat (Kasubbidpenmas) Polda Sultra Komisaris Polisi (Kompol) Dolfi Kumaseh saat ditemui di ruangan kerjanya, Senin (25/10).

Dalam kasus ini, Polda menetapkan 4 tersangka yakni kuasa penggunan anggaran (KPA) Wa Ode Nurjana, pejabat pembuat komitmen (PPK) Sahid, kontraktor bangunan Emilidun, dan kontraktor mesin bernama Irwan Prasetyo.

Dolfi mengungkapkan, total anggaran proyek pengerjaan pabrik rumput laut di Buteng sebesar Rp16,8 miliar. Terdiri dari anggaran pembangunan gedung sebesar Rp12 miliar dan anggaran pengadaan mesin sebesar Rp4,8 miliar.

Proyek yang dikerjakan mulai 2016. Dalam pelaksanaannya, diduga ada pengerjaan yang tidak sesuai spesifikasi sehingga mengakibatkan kerugian negara.

Lebih lanjut, perwira polisi dengan satu melati di pundak ini menyebut, hasil audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sultra menemukan kerugian negara sekitar Rp1,2 miliar. (cr2/man)

Facebook Comments Box