Pemkab Konsel Gelar Rakor Tenaga Pendamping Profesional Desa

39
Bupati Konsel saat menyampaikan sambutan dalam kegiatan rakor.

ANDOOLO, BKK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) menggelar rapat koordinasi (rakor) tenaga pendamping profesional desa, di Wonua Monapa Resort, Sabtu (9/10).

Rakoor ini dilaksanakan dalam rangka menyelaraskan program kerja 2022, yang tujuan mencapai pembangunan desa dengan mendorong perekonomian desa dan peningkatan kesejahteraan rakyat.

Rakor tersebut dihadiri oleh pimpinan OPD, camat, kades, sekdes, tenaga ahli, para pendamping desa se-Konsel. Dibuka langsung Bupati Konsel Surunudin Dangga.

“Hari ini sengaja kita laksanakan rakor dengan menghadirkan seluruh pendamping profesional, aparatur desa dan pihak terkait lainnya agar satu pola pikir bagaimana sinergikan program kerja kita di tahun mendatang, demi memajukan perekonomian desa,” kata Surunuddin dalam arahannya.

Hal itu, kata dia, sebagai bentuk penyelerasan program kerja pemerintah kabupaten dan desa yang juga sejalan dengan program nasional yakni mendorong pertumbuhan dan pengembangan desa yang maju nan sejahtera masyarakatnya.

“Saya bersama Wabup Rasyid kembali dipercayakan dan diberikan amanah menahkodai Kabupaten Konsel. Jadi mari bersama majukan daerah kita dengan saling bersinergi dan mengesampingkan ego sektoral,” imbuhnya.

Progam kerja yang dimaksud dan menjadi tekad bersama adalah sesuai intisari RPJMD Konsel 2020-2025, yang dipersempit dengan tiga kerangka kerja utama yakni peningkatan SDM masyarakat, Ekonomi Pedesaan Berkelanjutan dan Pembangunan Infrastruktur.

“Tekad kita di tahun 2022 bagaimana meningkatkan pengetahuan seluruh lapisan masyarakat, memetakan sentra potensi unggulan desa dibidang pertanian, perikanan, perkebunan, perternakan maupun pengembangan spot wisata didukung pembangunan infrastruktur merata dan tepat guna termasuk mengimplementasikan desa digital,”sebutnya.

Sehingga menurutnya, rakor ini penting diselenggarakan agar sevisi dalam memajukan daerah, yang ditindaklanjuti dalam bentuk dokumen perjanjian kesepakatan dan dikawal secara bersama termasuk mengevaluasi sejauh mana progresnya.

“Maksud dari rakor ini juga ingin mengetuk hati kita semuanya untuk menyatukan persepsi dan tujuan, bagaimana mendorong perekonomian rakyat Konsel yang hasilnya bisa dirasakan seluruhnya dalam bingkai slogan Desa Maju Konsel Hebat,” terang mantan Ketua DPRD Konsel ini.

Menutup arahannya, bagian mendorong kemajuan desa banyak skema yang bisa diterapkan misalnya dibidang pertanian dan perkebunan, dicontohkan Bupati yakni memanfaatkan lahan kosong warga untuk ditanami tanaman bernilai ekonomis seperti tanaman porang dan nilam, juga kebun plasma kelapa sawit, tanpa meninggalkan produksi hasil pertanian yang telah ada sebelumnya. (ril/man)

Facebook Comments Box