KKN Tematik UHO: Pemberdayaan Masyarakat dalam Adopsi Teknologi Budidaya Lele dan Sayuran dalam Wadah Ember

190
Penyemprotan desinfektan.

Sebanyak 15 mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik di Kelurahan Watubangga, Kecamatan Baruga, Kota Kendari. KKN Tematik berlangsung mulai 13 Agustus sampai 10 September 2021.

Penggarapan lahan kebun toga.

 

 

 

 

Ke-15 mahasiswa tersebut berasal dari empat fakultas, yaitu Fakultas Pertanian, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Peternakan, dan Fakultas Kedokteran. Kegiatan pengabdian tersebut diketuai oleh Dr. Ir. Budiyanto, MP. dengan tim Prof. Dr. Muh Amrullah Pagala, S.Pt. M.Si, Dr. Ir Rachmawati Hasid, dan Dr. Ir. Yusnaini, DEA.

Pembenahan halaman Kantor Kelurahan Watubangga.

Program utama dari KKN Tematik, yaitu Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat dalam Adopsi Teknologi Budidaya Lele dan Sayuran dalam Wadah Ember (Budikdamber) dan pembuatan produk amplang lele. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin,30 Agustus 2021. Budidaya ikan dalam ember “budikdamber” menjadi solusi potensial bagi budidaya perikanan di lahan yang sempit dengan penggunaan air yang lebih hemat, mudah dilakukan masyarakat di rumah masing-masing dengan modal yang relatif kecil serta akhirnya mampu mencukupi kebutuhan gizi masyarakat.

  • Sosialisasi budidaya lele dan sayuran dalam wadah ember.

Selama kurang lebih satu bulan, peserta KKN Tematik melakukan berbagai kegiatan.

Pada minggu pertama (13-19 Agustus 2021) melakukan pembuatan dan penyemprotan desinfektan, pembenahan Balai Posyandu, dan penggarapan lahan Kebun Toga Kelurahan. Pada minggu ke-2 (20-27 Agustus 2021) melakukan pembenahan halaman Kantor Kelurahan, membantu pelayanan pembuatan E-KTP, dan mengadakan kegiatan senam bersama. Pada minggu ke-3 (28 Agustus-3 September 2021) melakukan sosialisasi teknologi budidaya ikan lele dan sayuran dalam wadah ember (Budikdamber) dan pembuatan produk amplang lele. Pada minggu ke-4 (4-10 September 2021) mengontrol perkembangan ikan lele dan sayuran dalam wadah ember, pembuatan Lapangan Voli Kelurahan, dan pemasangan papan Struktur Pemerintahan Kelurahan Watubangga. Setelah itu, dilakukan penarikan mahasiswa KKN Tematik.

Pembuatan produk amplang ikan lele.

KKN Tematik ini bertujuan antara lain agar sarjana yang dihasilkan Perguruan Tinggi mampu menghayati dan menanggulangi masalah-masalah yang muncul di masyarakat yang umumnya kompleks. Kemudahan di dalam penanggulangan tersebut dilakukan secara pragmatis dan interdisipliner dan harus tercermin dalam kegiatan-kegiatan mahasiswa pada saat melaksanakan program-program KKN di lokasi yang sudah ditentukan. (*)

Penarikan dan pelepasan mahasiswa KKN Tematik.
Facebook Comments Box