Bea Cukai Kendari Musnahkan 3,2 Juta Batang Rokok Ilegal

89
Proses Pemusnahan Barang Ilegal di Kantor Bea Cukai Kendari. (FOTO:SUHARDIMAN/BKK)

KENDARI, BKK- Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Kendari memusnahkan 3,2 juta lebih batang rokok ilegal yang disita sejak Desember 2020 hingga Juni 2021.

Pemusnahan barang ilegal ini dilakukan di dua tempat di Kantor Bea Cukai Kendari dan di daerah Morosi Kabupaten Konawe, Kamis (21/10).

Selain memusnahkan 3,2 juta batang rokok, pihak Bea Cukai Kendari juga memusnahkan 299 botol minuman mengandung etil alkohol ilegal.

“Total perkiraan nilai barang sebesar Rp 4 miliyar (M) dengan potensi kerugian negara sebesar Rp 1 miliyar 657 juta,” ujar Kepala Kantor Bea dan Cukai Kendari Purwatmo Hadi Waluja ditemui usai pemusnahan.

Purwatmo membeberkan, barang ilegal yang dimusnahkan ini merupakan hasil tangkapan operasi pasar yang beredar lokal maupun barang yang dibatasi untuk impor yang tidak beritahukan secara benar.

Terkait barang-barang ilegal yang beredar di Morosi, sambung dia, pihaknya masih melakukan pendalaman.

“Kita sudah tempatkan petugas di sana (Morosi, red). Kita harapkan tidak ada lagi barang ilegal beredar disana,” ujarnya.

Purwanto menambahkan, pihaknya masih mendalami beredarnya barang-barang ilegal ini. Hasil tangkapan ini, kata dia, sebagian besar dari informasi masyarakat.

“Pintu masuk beredarnya dari laut beredar domestik. Agar barang-barang ilegal ini tidak beredar lagi, kita selalu sosialisasikan,” pungkasnya. (cr2/man)

Facebook Comments Box