UPT PK2M UHO Bekali Mahasiswa Baru Jadi Wirausaha

204
Foto bersama  Rektor UHO, Prof Muh Zamrun F (tengah) seusai memberikan sertifikat dan cenderamata kepada narasumber kegiatan seminar nasional.

KENDARI, BKK – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Pengembangan Kewirausahaan dan Karir Mahasiswa (PK2M) Universitas Halu Oleo (UHO), menyelenggarakan seminar nasional kewirausahaan secara online dan offline, Kamis (16/9).

Mengusung tema “Wirausaha Mandiri, Kreatif, Inovatif Menciptakan Peluang Bisnis dan Membangun negeri”.

Turut hadiri Rektor UHO Prof Muhammad Zamrun Firihu dan hadirkan President Director PT Amanah Prima Indonesia, Ketua Kadin Sultra, serta Direktur Promosi dan Pemasaran Produk Unggulan Kemendes.

Dalam sambutannya, Rektor UHO Prof Muhammad Zamrun Firihu mengatakan, kewirausahaan adalah mereka yang berani mengambil risiko untuk meraih kesuksesan, dan keputusannya dijadikan sebagai suatu tantangan.

Dikatakan, seorang wirausaha juga harus mempunyai semangat juang yang tinggi, percaya diri, fokus dengan apa yang dikerjakan, mempunyai jiwa kepemimpinan, menetapkan tujuan,  memiliki prospek baik untuk jangka panjang, update informasi, perencanaan harus sistematis, pantau perkembangan, dan perbanyak relasi.

“Sebenarnya seminar nasional hari ini (kemarin, red), bagaimana mahasiswa bisa menjadi seorang wirausaha muda. Alhamdulillah di UHO sendiri kita sudah wadahi melalui UPT PK2M,” ujarnya.

Apalagi, kata dia, seminar kewirausahaan ini sejalan dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang digagas Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), untuk mendorong munculnya wirausahawan mahasiswa di Indonesia.

Dia melanjutkan, saat ini tidak sedikit kegiatan-kegiatan wirausaha yang diperuntukkan kepada masyarakat, khususnya mahasiswa melalui dinas terkait dan lainnya.

“Tidak kalah penting, bagaimana memanfaatkan teknologi informasi untuk kepentingan kewirausahaan untuk menciptakan inovasi-inovasi baru,” ucapnya.

Sementara, Ketua Panitia Amin Tunda mengungkapkan, bahwa yang mengikuti kegiatan ini adalah perwakilan mahasiswa baru 2021, yang tersebar di 15 fakultas dan 1 pendidikan vokasi lingkup UHO.

Kata dia, peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 780 orang, terbagi 700 orang mengikuti secara online dan 80 peserta ikuti secara offline dengan menerapkann prokes (prokes) yang ketat.

“Kita berharap, perwakilan mahasiswa baru ini bisa menjadi seorang enterpreneur,” pungkasnya. (din/nir)

Facebook Comments Box