Tingkatkan Akreditasi Institusi, UHO Berupaya Penuhi Syarat Akreditasi Unggul

319
Prof Muhammad Zamrun Firihu.

KENDARI, BKK- Penguatan dalam bidang kelembagaan akademik dapat dilihat dari upaya yang dilakukan Universitas Halu Oleo (UHO) dalam mendukung peningkatan akreditasi, baik akreditasi perguruan tinggi (PT) maupun akreditasi program studi (prodi).

Rektor UHO, Prof Muhammad Zamrun Firihu mengatakan, dalam rangka untuk meningkatkan akreditasi PT maupun akreditasi Prodi, UHO telah melakukan berbagai upaya dan dukungan, baik melalui Lembaga Pengembangan dan Penjamin Mutu Pendidikan (LPPMP) maupun fakultas dan jurusan/prodi.

Ia menjelaskan, dukungan yang diberikan baik dalam bentuk material maupun nonmaterial, termasuk mendukung kegiatan pendampingan dalam penyusunan borang institusi dan borang akreditasi program studi.

“Sebelumnya akreditasi UHO telah diperpanjang secara otomatis oleh BAN-PT, yang terbit pada 11 Agustus 2020 dengan peringkat akreditasi B,” ujarnya baru-baru ini.

Ia menuturkan, perbaikan peringkat akreditasi institusi terus diupayakan dalam memenuhi syarat peringkat “Akreditasi Unggul”, yang salah satu persyaratannya yaitu skor pada butir penilaian Akreditasi Prodi (perolehan status terakreditasi program studi oleh BAN-PT atau Lembaga Akreditasi Mandiri) ≥ 3,25.

Saat ini, sambung dia, nilai UHO baru mencapai 3,09. Oleh karenanya, kata dia, peningkatan peringkat akreditasi prodi menjadi sangat penting, dan UHO telah mengambil langkah untuk hal itu. Yakni dengan diterbitkannya Keputusan Rektor Nomor: 745/UN29/SK/2020 tentang mekanisme akreditasi prodi dalam lingkungan UHO.

“Data akreditasi prodi di UHO dari 111 prodi. Saat ini prodi dengan akreditasi status unggul ada 3 prodi. Yaitu S1 Ekonomi Pembangunan, S1 Akuntansi, dan S2 Pendidikan IPS (peringkat akreditasi berdasarkan Peraturan BAN-PT Nomor: 3 Tahun 2019),” pungkasnya.

Prodi terakreditasi A di UHO ada 26 prodi, akreditasi B ada 63 prodi, akreditasi status baik sekali 2 prodi yaitu S1 Pendidikan Ekonomi dan S1 Agrobisnis Perikanan, Akreditasi status baik 4 prodi (peringkat akreditasi berdasarkan Peraturan BAN-PT Nomor: 3 Tahun 2019), dan akreditasi C sebanyak 8 Prodi terakreditasi minimum (prodi baru) sebanyak 5 prodi. Prodi tersebut tersebar dalam jenjang S3, S2, Pendidikan Profesi, S1, dan Program Vokasi. (din/nir)

Facebook Comments Box