Rustam Jaminkan DD untuk SR asal PDAM Muna Jamin Air Mengalir

165
Rustam

RAHA, BKK – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Muna, Rustam menjaminkan dana desa (DD) untuk sambungan rumah (SR) air bersih kepada masyarakat di sejumlah desa.

Bahkan beberapa waktu lalu, Rustam telah mengundang para kepala desa (kades) yang bakal menggunakan DD untuk membiayai SR air bersih kerumah warga di desa masing-masing.

“Sudah ada dalam APBDes pendanaan untuk pemasangan SR air bersih bagi desa yang sudah ada pipa tersiernya. Acuan kita ada pada Permendes Nomor 13 tahun 2020,” kata Rustam, Kamis (16/9).

Untuk teknis pelaksanaannya, tambah dia, dilakukan langsung pihak PDAM Muna. Kata Rustam jika DPMD Muna hanya menyahuti apa yang telah menjadi kebijakan Bupati LM Rusman Emba pada saat pelaksanaan Musrembang beberapa waktu lalu.

“Tidak ada kendala di DMPD. Hanya sejumlah desa memang belum menyetor data ke PDAM Muna. Para kades katanya mengakui belum menyetor data ke PDAM karena masalah pipa tersier yang baru terpasang sekitar 20 meter di desa mereka, ” ujarnya.

Misalnya, jelas dia, Desa Waara jika pipa tersier di desa itu baru sekitar 20 meter. Sehingga, ini menjadi kendala bagi desa untuk menyetor data ke PDAM.

“Karena bisa saja hanya 3 atau 10 rumah yang bisa disambungkan SR karena pipa tersiernya. Bakal yang menjadi persoalan besar bagi kades kalau hanya 3 atau 10 rumah saja yang dapat air bersih yang lain tidak,” jelas Rustam.

Olehnya itu, Rustam mengimbau kepada seluruh kades untuk berkoordinasi dengan pihak PDAM Muna agar dapat menjamin dan menyampaikan kepada masyarakat secara terbuka, jika SR tersambung air harus mengalir ke rumah rumah.

“Sedangkan untuk besaran DD yang digunakan masing-masing desa sebesar Rp200 juta. (tri/nan)

Facebook Comments Box