Pilkades 124 Desa di Muna Digelar 2022

43
Rustam

RAHA, BKK – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 124 desa yang ada di Muna dilakukan pada tahun 2022 mendatang.

Penundaan itu dilakukan sebagaimana adanya recofusing anggaran yang sebelumnya disiapkan untuk pelaksanaan Pilkades di 60 desa sebesar Rp1,9 miliar pada September 2021 ini.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Muna, Rustam mengatakan, sebelumnya pihaknya telah menjadwalkan pelaksanaan Pilkades di Muna dilakukan dua tahap.

Tahap pertama, sambung dia, 60 desa dengan jadwal pelaksanaan Pilkades pada September 2021 ini. Sedangkan untuk tahap ke II dilakukan tahun 2022 mendatang.

“Anggaran untuk menggelar Pilkades serentak di 60 desa sebesar Rp1,9 miliar kena recofusing. Jadi Pilkades akan kita gelar serentak tahun 2022,” katanya, Rabu (15/9).

Olehnya itu, tambah dia, seluruh desa yang ada di Kabupaten Muna dipimpin oleh Pejabat (Pj) kepada desa (kades) sampai pelantikan kades definitif.

Dijelaskan, meski pilkades serentak batal digelar tahun ini, namun desk pilkades yang sudah terbentuk tidak akan dibubarkan.

“Kalau masalah estimasi anggaran untuk menggelar pilkades serentak di 124 desa tahun depan, kita butuh anggaran sekitar Rp 4miliar,” pungkasnya. (tri/nan)

Facebook Comments Box