Pertamina Imbau Masyarakat Gunakan BBM Berkualitas

50
Ilustrasi.

KENDARI, BKK- PT Pertamina (Persero) menghimbau masyarakat menggunakan bahan bakar minyak (BBM) yang ramah lingkungan dan berkualitas.

Area Manager Communcation, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi Subholding Commercial & Trading Laode Syarifuddin Mursali mengatakan, masyarakat kota-kota besar di Sulawesi saat ini sudah membutuhkan BBM ramah kingkungan berkualitas dengan RON tinggi, seperti Pertalite dan Pertamax.

“Secara proporsi penggunaan BBM berkualitas seperti Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo di Kota Kendari sudah mencapai 92%. Data ini menunjukkan tren masyarakat Kota Kendari sudah mulai beralih ke BBM berkualitasberkualitas yang lebih ramah ingkungan,” beber Syarifuddin, Rabu (15/9).

Dikatakan, kebanyakan pabrikan kendaraan sekarang sudah menyarankan penggunaan BBM RON 92 setara Pertamax. Selain direkomendasikan karena teknologi mesin kendaraan sekarang yang sudah injeksi dan turbo.

Syarifuddin bilang, BBM oktan tinggi ini akan membuat mesin memiliki pembakaran yang sempurna sehingga akan lebih ramah lingkungan karena emisi gas buang dapat diminimalisir dan lebih irit.

“Produk Pertamax ini punya teknologi Pertatec (Pertamina Technology) yang dirancang untuk melindungi mesin yang membuat bahan bakar mampu membersihkan endapan kotoran pada bagian mesin 3x lebih baik dan memberishkan endapan kotoran pada bagian injector sehingga mengoptimalkan pembakaran dan konsumsi bahan bakar,” terangnya.

Sementara itu, instruktur mekanik, Muhammad Arief Munafri yang sudah berpengalaman selama 5 tahun bergelut di dunia perbengkelan mengungkapkan, beberapa fakta kondisi mesin yang ia temui seringkali dalam keadaan memperihatinkan. Padahal, pemakaiannya masih baru dan kurang dari 5 tahun.

Perlu diketahui, kualitas bahan bakar khususnya jenis bensin atau gasoline dilihat dari angka oktannya atau biasa disebut dengan RON (Research Octane Number). Semakin tinggi nilai oktan, semakin baik pembakarannya untuk mesin kendaraan dan semakin sedikit menghasilkan emisi gas buang kendaraan.

Saat ini di pasaran untuk BBM jenis gasoline terdapat RON 88 Premium atau setara, RON 90/91 Pertalite atau setara, RON 92 Pertamax atau setara, RON 95/98 Pertamax Turbo atau setara.

Arief menuturkan saat ini konsumen seharusnya cermat dalam memilih bahan bakar. Banyak keluhan pelanggan ia dapatkan dengan mobil bermasalah di awal tahun pemakaian. Ternyata pelanggan itu punya kesalahan memakai bahan bakar yang tidak sesuai dengan spesifikasi kendaraan.

“Pelanggan awam paham mengisi bahan bakar, tapi tidak paham apa yang buat mobil bisa jalan dengan performa maksimal dan bikin awet mesin kendaraan,” tuntasnya. (cr4/man)

Facebook Comments Box