Dituntut Ganti Rugi Rp41 Juta, Karyawan Indomart Mengadu ke Disnaker

60
karyawan Indomart saat mengadu ke Disnaker Sultra

 KENDARI, BKK – Sembilan karyawan Indomart cabang Lawata, Kota Kendari mengadu ke Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Sultra, Selasa (28/9).

Aduannya itu dikarenakan para karyawan tersebut dituntut ganti rugi sebesar Rp41 juta akibat barang rusak karena dimakan tikus.

Kepala Toko Indomart Lawata, Kevin Kiggen Silla mengatakan dirinya bersama rekannya dituntut untuk segera membayar uang sebesar Rp41 juta kepada toko.

Itu diketahui, sambung dia, saat tim melakukan audit bulanan di Indomart.

“Jadi ada audit bulanan dilakukan oleh kantor kami dan di toko kami itu ada minus Rp41 juta dimana itu terjadi karena adanya barang rusak akibat digigit tikus,” katanya saat mengadu di Disnaker Sultra.

Seharusnya, jelas dia, sesuai aturan barang yang rusak akibat tikus diklaim dan digantikan oleh pihak perusahaan. Namun kenyatannya dirinya bersama rekannya yang saat itu tengah bertugas menjaga toko harus menanggung bebab mengganti kerusakan tersebut.

Sebab, jika tidak, pihak perusahaan akan melaporkan kepada pihak yang berwajib dalam hal ini aparat kepolisian.

“Jadi tim saya yang bertugas disuruh patungan. Saya selaku kepala toko dibebankan Rp16 juta, untuk dua orang asisten saya Rp11 juta perorang dan anggota lainnya ada yang bayar Rp3 juta,” bebernya.

Olehnya itu, dirinya bersama rekannya melaporkan persoalan ini ke Disnaker Sultra agar ada solusi atas perkara tersebut.

“Sudah tiga hari saya tidak masuk kerja, karena setiap masuk pasti ditagih. Kami juga dilarang masuk kalau belum ada uang pengganti itu, bahkan posisi saya sudah digantikan sama orang lain,” ujarnya. (nan)

Facebook Comments Box