3 Desa di Muna Dijadikan Desa Budaya

75

RAHA, BKK – Sebanyak tiga desa yang ada di Kabupaten Muna dijadikan desa budaya oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Ketiganya adalah Desa Wale-ale, Kota Muna dan Desa Liangkabori.

Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Muna, La Ode Ane mengatakan tiga desa yang dijadikan sebagai desa budaya itu dengan maksud menggali potensi desa serta mengembangkan dan pemanfaatan potensinya.

“Tahun ini ada 3 desa di Muna yang menjadi desa budaya yaitu Desa Kota Muna, Desa Liangkobori dan Desa Wa Ale-ale. Tiga desa ini dapat dana bantuan sebagai desa budaya dari Kemendikbud RI,” katanya, Rabu(15/9).

Ia menambahkan, dengan ketiga desa itu dijadikan sebagai desa budaya, maka dipastikan potensi-potensi kekayaan desa akan semakin bertumbuh.

“Seperti permainan tradisional, tradisi dan olahraga rakyat di desa akan muncul dan menjadi kekuatan bagi pertumbuhan ekonomi di desa,” bebernya.

Sedangkan terkait pengelolaan dana desa, lanjut dia, sepenuhnya akan masuk kerekening desa dan dikelola oleh kelompok masyarakat desa.

“Dana desa budaya ini besarannya Rp50 juta perdesa dan pendamping Rp23 juta. Nanti kelompok masyarakat desa inilah yang mengelola dana dan kegiatannya dipantau langsung oleh penggiat budaya dari Kemendikbud,” pungkasnya. (tri/nan)

Facebook Comments Box