18 Pelajar Tidak Mampu di Konsel Dapat Beasiswa KIP

113
Suasana pelepasan 18 pelajar oleh Pemda Konsel.

ANDOOLO, BKK – Sebanyak 18 pelajar putra-putri terbaik Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) dari keluarga tidak mampu namun berprestasi mendapatkan beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Puluhan pelajar pilihan dari program sinergitas antara pemerintah daerah dengan salah satu rumah aspirasi anggota legislatif DPR RI tersebut, berhak mendapatkan bangku kuliah di Universitas Ibnu Chaldun (UIC) di Jakarta selama 4 Tahun.

Staf Ahli Bupati Konsel Agussalim mengatakan, belakangan ini pemda di bawah kepempimpinan Bupati Surunuddin bersama Wabup Rasyid sedang giat-giatnya melaksanakan pembangunan pada berbagai sektor, pembangunan sumber daya manusia (SDM) bagian dari prioritas.

“Pimpinan kita sangat fokus dalam membangun daerah, termasuk pada pembangunan sdmnya dengan menjalin kerjasama dengan pihak lain, terbukti hari ini kalangan anak kurang mampu dapat diberangkatkan mengenyam pendidikan hingga ke luar daerah,” katanya.

Hal itu, kata Agussalim patut disyukuri karena tidak semua pelajar bisa beruntung mendapatkan peluang seperti yang akan diberangkatkan melalui program KIP Kuliah Aspirasi yang bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan, tenaga pendidik, sarana dan prasarana  dengan memfasilitasi anak usia sekolah agar memperoleh akses pendidikan yang baik dan layak

Untuk itu ia berpesan agar para calon mahasiwa mengunakan kesempatan sebaik-baiknya hingga dapat meraih titel sarjana sesuai tujuan program dan apa yang dicita-citakan bersama.

“Kesempatan ini tidak akan datang kedua kalinya, jadi manfaatkan dengan belajar maksimal, mengasah diri, menimba ilmu plus ibadah akan terbentuk skill, keterampilan dan berkepribadian, jangan cepat puas atas apa yang diraih dan tidak mengecewakan orang tua serta menjaga citra baik daerah. Sehingga sepulangnya kedaerah diharapkan mampu membawa perubahan bagi kemajuan Konsel sekaligus dapat menjawab tantangan di masa mendatang,” pungkasnya.

Sementara itu Arjun selaku pengelola Kuliah Aspirasi Kabupaten Konsel menjelaskan, KIP Kuliah Aspirasi dulunya disebut program Bidik Misi yang dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak sekolah, khususnya bagi siswa kurang mampu dan juga berprestasi.

“Beasiswa yang ditanggung meliputi pembayaran SPP, pemondokan hingga uang saku dengan total senilai kurang lebih Rp7,1 juta perbulan dan akan diberangkatkan pada 20 Agustus 2021,” ungkapnya.

Ia menyebut, ada 280 pelajar se-Sultra yang dapat beasiswa, namun hanya 42 pelajar dan 18 diantaranya yang memenuhi kriteria kuliah di Jakarta, sisanya disebar di Kampus yang ada Sultra. (ril/nan)

Facebook Comments Box