Pemkab Kolaka Mulai Berlakukan Pembatasan Level 3

73
Bupati Kolaka, H Ahmad Safei

KOLAKA, BKK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3, Senin (26/7).

Jenis pembatasan tersebut meliputi semua aspek kegiatan masyarakat  seperti waktu buka tutup warung makan dan restoran yang dibatasi hingga pukul 21:00 Wita dengan 25 persen pengunjung, selain itu tempat perbelanjaan dibatasi hanya 25 persen jumlah pengunjung.

Sedangkan untuk aktifitas keagamaan, seperti shalat berjamaah di masjid dan ibadah di gereja untuk sementara ditiadakan serta kegiatan pesta pernikahan tidak diperbolehkan lagi.

“Sambil kita lihat perkembangannya satu minggu kedepan. Karena itu bisa berubah, restoran dan warung makan masih buka tapi sampai jam 9 malam termasuk cafe dan tempat hiburan malam,” kata Bupati Kolaka, H Ahmad Safei.

Meski demikian, jelas dia, Pemkab Kolaka akan melakukan pendekatan persuasif dalam mengimbau masyarakat untuk menjalani pembatasan level 3 tersebut khususnya kepada para pelaku usaha.

“Jadi kita harap pengertiannya untuk tutup, karena kita tidak mau konfrontasi dengan masyarakat, pasti kita lakukan dengan humanis, kalau untuk sanksi kita berupaya untuk tidak lalukan,” harapnya.

Sementara itu, Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kolaka, dr. Aris mengatakan dalam seminggu terakhir lonjakan terkonfirmasi positif Covid-9 mengalami kenaikan yang signifikan.

“Kasus positif tahun ini jauh lebih tinggi dari kasus tertinggi tahun lalu hampir dua kali lipat, kondisi ini mengakibatkan Kabupaten Kolaka masuk zona orange, tercatat terakhir yang meninggal sudah 21 orang sementara kasus aktif 205 orang,” jelasnya. (cr5/nan)

Facebook Comments Box