Kota Bertakwa Kebagian 200 Dosis Vaksin

130
drg Rahminingrum.

KENDARI, BKK – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari Rahminingrum menyebutkan, bahwa Kota Kendari hanya kebagian 200 dosis vaksin coronavirus disease 2019 (Covid-19) yang baru saja tiba di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Dia menegaskan, bahwa vaksin yang baru tiba tersebut hanya diperuntukkan untuk penyuntikan vaksinasi tahap 2, yang memang sasarannya sangat besar.

“Vaksin Covid-19 baru saja tiba di Sultra, tapi Kota Kendari hanya dapat 200 dosis. Itupun langsung kami serahkan ke Polres, untuk pelaksanaan vaksinasi tahap 2,” ujarnya, Rabu (28/7).

Rahmi menjelaskan, dosis vaksin Kota Kendari pada Sabtu (24/7) sekitar 633 rial atau 6.633 dosis. Tapi dikurangi untuk pemakaian sebesar 3.038 dosis.

“Artinya, masih ada sekitar 3.000 dosis. Tapi nanti akan dikurangi lagi saat pelaksanaan vaksinasi kemarin (Selasa, red) sekitar 600 dosis. Jadi stok vaksin Kota Kendari sisa sekitar 2.500 dosis. Kalau kecepatan vaksinasi kita 600 perhari, artinya dalam 3-4 hari vaksin kita habis. Itupun hanya untuk dosis kedua,” jelasnya.

Berkait penyuntikan vaksin untuk anak remaja, dia menegaskan, bahwa pihaknya tidak melayani. Pasalnya, pelaksanaannya dilaksanakan oleh TNI, Polri, dan PUPR.

“Dinkes tidak pernah mengeluarkan vaksinasi untuk usia remaja. Karena kita tidak punya vaksin. Itu program kementerian, karena, TNI Polri itu memang ada jatah vaksin sendiri,” tegasnya. (cr1/nir)

Facebook Comments Box