Pemkab Konsel Bakal Gelar Bazar UMKM

934
Suasana rapat persiapan kegiatan Bazar UMKM.

ANDOOLO, BKK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) bakal menggelar bazar usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Bazar ini dilakukan guna memulihkan kondisi perekonomian karena adanya wabah coronavirus disease (Covid-19) yang melanda Indonesia khususnya di Kabuapten Konsel sejak akhir 2019 lalu.

Bupati Konsel, Surunuddin Dangga mengungkapkan program PEN yang yang diluncurkan pemerintah pusat, Pemkab Konsel wajib untuk mendukung serta menyukseskan kegiatan tersebut.

“Untuk itu kita akan berupaya dengan menggerakkan sektor riil yang menunjang pertumbuhan ekonomi daerah, salah satunya program penguatan UMKM, dengan cara menggelar Bazar yang bertajuk “GELAR UMKM KONSEL 2021″. Kegiatan tersebut direncanakan akan digelar pada Bulan Juli tahun ini,” ungkap Surunuddin dalam rapat.

Ia mengaku, program ini telah dituangkan dalam APBD Konsel. Ini juga merupakan visi misi prioritas 100 hari kerja Bupati Konsel Surunuddin Dangga bersama Wakil Bupati Rasyid.

“Insyaallah, bulan Juli ini kita akan gelar Bazar UMKM di pelataran Kantor Bupati Konsel, saya perintahkan seluruh instansi hingga pemerintah kecamatan saling berkoordinasi mensukseskan kegiatan ini,” tegasnya.

Katanya, kegiatan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) ketat merupakan bagian dari percepatan pemulihan ekonomi dan juga bentuk sosialisasi tentang upaya peningkatan peran dan kinerja UMKM melalui akses keuangan daerah.

Orang nomor satu di Konsel itu mengungkapkan, pada kegiatan Bazar dirinya akan mengundang pihak Pusat Investasi Pemerintah (PIP) sebagai badan investasi dibawah naungan Kemenkeu untuk menyalurkan kredit lunak kepada UMKM dengan bunga rendah.

“Gelar UMKM nanti, kita akan bersinergi dengan PIP, berharap diacara nanti mereka bisa langsung salurkan skema pembiayaan, sehingga pelaku usaha kecil bisa terbantu permodalan yang berdampak terhadap peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah kita,” tutur mantan Ketua DPRD Konsel ini. (ril/nan)

Facebook Comments Box