INSA Bantu Pemerintah Kembangkan Bidang Kemaritiman

117
Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir (tengah) saat menerima Panitia Cabang (RAC) INSA Kendari di Rujab Wali Kota, Selasa (9/6). (FOTO: ISTIMEWA)

KENDARI, BKK –  Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir menyambut baik dan mengapresiasi rencana pembentukan Indonesian National Shipowners Association (INSA) atau asosiasi pengusaha pelayaran nasional Indonesia di Kendari. Kehadiran organisasi pemilik kapal pelayaran tersebut akan sangat membantu pemerintah daerah dalam koordinasi pengembangan bidang pelayaran dan kemaritiman.

Hal tersebut disampaikan Sulkarnain saat menerima panitia pelaksana Rapat Anggota Cabang (RAC) Dewan Pengurus Cabang (DPC) INSA Kendari di Rumah Jabatan Wali Kota, Rabu (9/6). Menurut dia, INSA akan memberikan banyak efek positif bukan hanya pada anggota organisasi, tapi juga pada pemerintah, termasuk Pemkot Kendari.

“Asosiasi ini sangat baik agar ke depan koordinasi dan komunikasi antara pemerintah kota dengan pemilik kapal lebih efektif. Jika pemilik kapal tidak dipayungi dalam satu wadah organisasi, maka sulit kita bicara satu per satu jika ada hal yang perlu dibicarakan. Jadi cukup langsung ke organisasinya,” jelas Sulkarnain sembari menyampaikan kepada panitia mengenai kesiapannya menghadiri dan membuka RAC DPC INSA Kendari, Rabu, 16 Juni 2021.

Inisiator RAC, HM Sapril MS menjelaskan, pelaksanaan RAC yang pertama ini sebagai forum untuk membentuk INSA Kendari sekaligus memilih pengurus baru periode 2021-2025.

Dia menyebutkan, secara nasional INSA didirikan sejak 1967 melalui kepengurusan tingkat pusat di Jakarta. Saat ini, kata dia, INSA sudah memiliki 44 cabang di seluruh Indonesia. “Jadi Kendari merupakan cabang ke-45,” ujarnya.

Sapril menambahkan, setelah terbentuk INSA Kendari siap bersinergi dengan seluruh stakeholder (pemangku kepentingan). Dia juga menyambut baik rencana Wali Kota Kendari memediasi pertemuan dengan Gubernur Sulawesi Tenggara, H Ali Mazi.

“Kami siang membantu pemerintah mengembangkan dunia maritim di Sulawesi Tenggara,” katanya. (*)

Facebook Comments Box