BAN SM Sultra Berikan Pelatihan kepada 85 Orang Asesor

375
Pelaksanaan pelatihan kepada 85 orang asesor secara online.

KENDARI, BKK – Jelang proses akreditasi 430 sekolah di Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Juli nanti, Badan Akreditasi Nasional (BAN) Sekolah/Madrasah (SM) Sultra menggelar pelatihan kepada 85 orang Asesor secara online, sejak 7-11 Juni 2021.

Ketua BAN SM Sultra Prof Anwar Hafid mengatakan, BAN SM terus melakukan berbagai cara dan strategi, agar proses akreditasi sekolah bisa sukses dan lancar.

Salah satunya, kata dia, dengan terus melakukan upaya peningkatan kualitas dari tim asesor.

“85 orang yang dinyatakan lulus dari 600 orang ini, mereka yang kita bekali dengan pengetahuan, ilmu, dan tata cara serta mekanisme dari proses akreditasi. Karena merekalah yang akan memeriksa, menilai, dan melakukan akreditasi,” ujarnya, Selasa (8/6).

Ia menjelaskan, materi yang diberikan seputar proses akreditasi. Mulai dari kedisiplinan, skill, kemampuan, serta pengetahuan.

Pengetahuan yang dimaksud, berkait masalah IT yang menjadi salah satu poin penting yang harus dikuasai asesor, karena proses akreditasi itu hampir semua menggunakan sistem online, sehingga penguasa IT sangat penting.

Kemudian, tambah dia, sikap bagaimana berkomunikasi dengan baik, memberikan pelayanan yang maksimal, serta hal-hal yang bersifat positif, itu harus selalu menjadi ciri khas dari tim asesor.

“Tm asesor harus betul-betul melakukan perannya dengan baik, karena merekalah yang menjadi penentu apakah sekolah sudah berkualitas atau belum,” ucapnya.

Ia berharap, pelatihan yang dilakukan ini bisa memberikan sebuah hal positif, terutama dalam peningkata kualitas dari asesor. Karena merekalah yang menjadi aksekutor yang menentukan apakah sekolah itu memiliki kredibilitas atau tidak.

“Harapan kami, asesor dapat menyerap materi yang diberikan, serta bisa mengimplementasikannya secara maksimal di lapangan,” pungkasnya. (din/nir)

Facebook Comments Box