1 Prodi Baru UHO Diikutkan dalam SMMPTN Tahun ini

357
Dr La Hamimu.

KENDARI, BKK – Tahun ini Program Studi (Prodi) Keperawatan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Halu Oleo (UHO) baru diikutsertakan, dalam Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) pada 14 Juni mendatang.

Wakil Rektor I UHO Dr La Hamimu mengatakan, pembukaan Prodi Keperawatan FK di SMMPTN, setelah mendapatkan izin Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek​).

Ia menjelaskan, kuota Prodi Keperawatan FK belum ditentukan, dan masih akan didiskusikan. Yang pasti, kata dia, dibuka penerimaan mahasiswanya di jalur SMMPTN.

“Hanya Prodi Keperawatan FK saja yang akan dibuka di jalur mandiri untuk penerimaan mahasiswa baru (maba),” ujarnya, Senin (7/6).

Ia menuturkan, sebenarnya ada 2 prodi baru yang mendapatkan izin dari Kemendikbudristek, yakni Prodi Kesehatan dan Prodi Ners.

“Untuk Prodi Ners itu akan tersendiri penerimaan mahasiswa barunya, karena Prodi Ners merupakan profesi. Jadi mempunyai mekanisme tersendiri. Yang jelasnya tahun ini akan menerima maba,” ucapnya.

Dikatakan, untuk kuota jalur SMMPTN tahun ini sebanyak 3 ribu lebih. Kalau sebelumnya pendaftaran jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dari panitia pusat.

Sedangkan, sambung Hamimu, pendaftaran jalur SMMPTN lansung dari panitia lokal atau pihak kampus, mulai dari sistem pendaftaran sampai seleksinya.

“Tahun ini, total kuota mahasiswa baru UHO sekitar 9.000 lebih, terbagi dalam 3 jalur pendaftaran. Yaitu, SNMPTN 30%, SBMPTN 40%, dan SMMPTN 30%. Tapi kalau masing- masing jalur tidak mencukupi kuotanya akan dialihkan di SMMPTN,” pungkasnya. (din/nir)

Facebook Comments Box