Senat UHO Tunggu Surat Resmi Dirjendikti soal Dugaan Plagiarisme Prof Zamrun

46
Prof Takdir Saili. (FOTO: SUMARDIN/BKK)

KENDARI, BKK- Ketua Senat Universitas Halu Oleo (UHO) Prof Takdir Saili mengatakan, pihaknya sedang menunggu surat resmi yang dikeluarkan Direktorat Jenderal (Dirjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) berkait hasil keputusan atas kasus dugaan plagiarisme rektor.

Takdir Saili menjelaskan, Senin (3/5), sebelumnya senat telah mengeluarkan surat kepada Rektor UHO Prof Zamrun pada 19 April lalu, untuk melakukan klarifikasi pembelaan kepada Dirjendikti.

Setelah mendapatkan surat  dari senat pada 21 atau 22 April 2021, kata dia, rektor langsung berangkat ke Jakarta.

“Setelah Dirjen mendengar klarifikasi pembelaan rektor, mereka menggelar rapat pada 30 April 2021. Isinya membahas dugaan plagiarisme, apakah diterima atau tolak,” bebernya, saat ditemui di ruang kerjanya.

Ia menjelaskan,  penyelidikan atas dugaan plagiarisme yang kembali diangkat seorang dosen UHO ini, tidak berbeda dengan penyelidikan 2017 silam. Dan, ia melanjutkan, berdasarkan penyelidikan tersebut tidak ditemukan indikasi plagiarisme.

Masih kata dia, setelah Dirjen mengeluarkan surat resminya hasil rapat 30 April, maka pihak senat akan menindaklanjuti dan akan menggelar rapat senat kembali.

“Makanya kita sementara tunggu surat yang dikeluarkan Dirjen terkait hasil klarifikasi dari rektor, apakah besok atau lusa. Hasil penyelidikan kita di sini tidak ada plagiarisme,” menurutnya. (din/iis)

Facebook Comments