Pemkab Konawe Bakal Bangun Rumah Singgah Lansia

68
Agus Suyono

KENDARI, BKK – Pemerintah Kabupaten (pemkab) Konawe berencana membangun rumah singgah alias panti bagi kaum lanjut usia (lansia) di wilayah setempat.

Pembangunan rumah singgah lansia itu diperkirakan menelan anggaran sekira Rp2 miliar, serta akan memanfaatkan gedung di belakang Kantor Dinas Sosial (Dinsos) Konawe.

Kepala Dinsos Konawe, Agus Suyono mengatakan pembangunan rumah singgah lansia berkaitan dengan program Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi). Yang mana, kata dia, program itu memang khusus menangani permasalahan lansia andaikata ada lansia yang ditelantarkan oleh keluarganya.

“Sekarang ini sedang kita minta pendamping lansia disetiap kecamatan supaya melakukan pendataan. Sehingga dapat ditahu berapa lansia yang tinggal sendiri tanpa keluarga. Mereka itulah yang kita upayakan tampung di rumah singgah lansia,” ujar Agus Suyono, akhir pekan lalu.

Dirinya menambahkan, opsi pembiayaan pembangunan rumah singgah lansia di Konawe itu, sempat diusulkan melalui APBD Sultra saat musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) lalu. Hanya saja, lanjutnya, kemungkinan besar program itu belum bisa terakomodir. Sehingga, pihaknya pun berencana membawa memaparkan kegiatan itu ke Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

“Sedang disusun proposalnya. Mungkin selesai lebaran kita paparkan langsung ke pusat. Kita upayakan karena memang pemerintah pusat saat ini banyak berfokus pada rehabilitasi masalah sosial, seperti lansia dan disabilitas,” tambahnya.

Mantan Kepala SMPN 1 Wawotobi itu menyebut, belum ada data paten terkait berapa jumlah lansia se-Konawe. Sebagian memang sudah terdata, namun belum mengakomodir semua kecamatan yang ada di wilayah setempat.

“Artinya, masih ada sebagian data yang belum masuk. Nanti dirumah singgah itu akan kita bangunkan tempat tinggal sementara, termasuk aula bagi para lansia bercengkrama satu sama lain,” tandasnya. (nan)

Facebook Comments