Dua Kota di Sultra Alami Inflasi Sebesar 0,35%

69

KENDARI, BKK – Badan Pusat Statistik Sulawesi Tenggara (Sultra)mencatatkan inflasi gabungan 2 kota pada bulan April tahun 2021 tercatat sebesar 0,35% dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) 105,21.

Kepala BPS Sultra menjelaskan untuk Kota Kendari mengalami Inflasi sebesar 0,21% dengan IHK 105,54 dan Kota Baubau juga mengalami inflasi sebesar 0,80% dengan IHK 104,21.

“Inflasi terjadi karena naiknya indeks harga pada kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga 1,33%, kelompok makanan, minuman dan tembakau 0,91%, kelompok pakaian dan alas kaki 0,46%, kelompok penyediaan makanan dan minuman/ restoran 0,36%, kelompok peralatan pribadi dan jasa lainnya 0,31%,” ujarnya, Senin (4/5.

“Untuk kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga 0,17%, kelompok kesehatan 0,05%, serta kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya 0,01% tidak mengalami perubahan,” jelasnya.

Sedangkan, kelompok yang mengalami deflasi yaitu kelompok transportasi 0,71% dan kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan 0,01%.

“Dan untuk kelompok pendidikan tidak mengalami perubahan atau relatif stabil,” ucapnya.

Lanjutnya, komoditas yang memberikan sumbangan inflasi antara lain pisang, ikan kembung,ikan gembung, ikan banyar, ikan gembolo,ikan aso-aso, baju muslim wanita, telur ayam ras, ikan katamba, ikan selar/ikan tude, kain gorden, ikan layang/ ikan benggol, pasir serta nasi dengan lauk.

“Komoditas yang memberikan sumbangan deflasi antara lain mobil, beras, tarif kendaraan roda 4 online, ikan teri, ikan cakalang/ikan sisik, celana panjang jeans pria, udang basah, jeruk nipis/limau, angkutan udara serta emas perhiasan,” tuntas, Agnes. (cr4)

Facebook Comments