Dewan Rekomendasikan Pemilihan LPM dan BKM Benua Nirae Diulang

530
Ketua DPRD beserta anggota lainya saat memimpin RDP persoalan rangkap jabatab di Kelurahan Benua Nirae, Senin (3/5)

KENDARI, BKK – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari, merekomendasikan pemilihan ulang Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) di Kelurahan Benua Nirae Kecamatan Abeli.

Ketua DPRD Kota Kendari H Subhan saat memimpin Rapat Dengar Pendapat (RDP), Senin (3/5) mengatakan, rekomendasi yang dikluarkan setelah dalam rapat ditemukan bahwa dalam proses pemilihan yang sudah berjalan tidak sesuai prosedur.

“Karena banyak yang merangkap jabatan. Misal, Kepala rukun warga (RW) menjabat sebagai koordinator BKM, dan Kepala rukun tetangga (RT) menjabat sebagai Pengurus KSM. Sementara dalam aturan Permendagri nomor 18 tahun 2018 tidak dibolehkan” ujar Subhan.

Sehingga, lanjut Subhan, berdasarkan aduan masyarakat, masukan Kepala Bagian (Kabag) Pemkot Kendari, serta masukan teman-teman anggota dewan, maka pemilihan ulang menjadi solusi agar permasalahan bisa segera terselesaikan.

“Selain pemilihan ulang, kami juga memberikan waktu 3 minggu kepada Lurah Benua Nirae La Wati, untuk menyelesaikan konflik yang terjadi antarmasyarakat,” paparnya.

Perwakilan warga La Ode Sabri mengatakan, bahwa pemicu utama adanya rangkap jabatan karena ada kegiatan proyek anggaran Kotaku sebesar Rp300 juta per kelurahan, untuk menata kawasan. (cr1/nir)

Facebook Comments