BPJamsostek Serahkan Jari Tangan Palsu Pada Pekerja Yang Mengalami Kecelakaan Kerja

652
Proses penyerahan jari tangan palsu.
KENDARI, BKK – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJamsostek
melakukan penyerahan jari tangan palsu kepada peserta yang mengalami cacat anatomis akibat kecelakaan kerja.
Kepala BPJamsostek Sulawesi Tenggara (Sultra), Minarni Lukman menyampaikan
kegiatan penyerahan jari tangan palsu ini merupakan salah satu Program BPJamsostek yaitu Return To Work.
“Return to Work merupakan program pendampingan yang dilakukan BPJamsostek kepada pekerja yang mengalami kecelakaan kerja selama masa penyembuhan, pemasangan alat ganti tubuh, sampai dengan pekerja dapat bekerja kembali,” ujarnya, Sabtu (1/5).
Minarni menuturkan program Return To Work diberikan kepada pekerja yang mengalami kecelakaan kerja baik dari berangkat kerja, pulang kerja, saat ditempat kerja, maupun pada saat dinas bekerja. Selain itu, selama peserta mengikuti program Return To Work, peserta tetap digaji oleh BPJamsostek dengan besaran sesuai dengan gaji yang dilaporkan.
Lanjutnya, penyerahan jari tangan palsu ini diberikan kepada Hadi Kurniawan yang bekerja di PT. Gihon Maritsa yang telah mengalami cacat anatomis akibat kecelakaan kerja. Cacat anatomis yang dimaksud adalah hilangnya salah satu anggota tubuh sehingga membutuhkan alat ganti tubuh untuk membantu peserta tersebut bergerak dan melakukan aktivitasnya.
Kata Munarni, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan perusahaan agar pekerjanya bisa mendapatkan manfaat Return to Work apabila mengalami kecelakaan pada saat bekerja yaitu, Perusahaan harus terdaftar dan menjadi peserta BPJamsostek, Perusahaan tertib membayar iuran, dan Perusahaan tidak menunggak iuran.
“Program Return to Work ini bentuk perluasan manfaat dari Jaminan Kecelakaan Kerja, dimana BPJamsostek memfasilitasi pekerja dan perusahaannya agar pekerja tidak kehilangan mata pencaharian penghasilannya dan perusahaan tidak kehilangan karyawannya serta karyawannya dapat tetap produktif,” tutupnya. (cr4)
Facebook Comments