Wagub Sebut UMK PTS Terbaik di Sultra

45
Pelaksanaan wisuda sarjana XXI UM Kendari, di salah satu Hotel di Kendari, Rabu (7/4). (FOTO: SUMARDIN/BKK)

KENDARI, BKK – Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tenggara (Sultra) Dr Lukman Abunawas menyebut, bahwa Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK), salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Sultra.

Selain universitas yang paling banyak mahasiswanya, UMK juga mengklaim sebagai PT bersifat universal, yakni menerima semua Calon Mahasiswa Baru (Camaba) baik dari kalangan, baik  birokrat, pengusaha, serta luar Sultra yang ingin menimba ilmu di Sultra.

“UM Kendari juga merupakan universitas yang selalu mendapatkan respon positif dari pemerintah pusat dan daerah. Semoga UMK selalu jaya saat ini dan masa yang akan datang,” ujarnya, Rabu (7/4).

Dikatakan, UMK juga mempunyai sifat yang merdeka, yakni berperan aktif tanpa adanya intervensi dari pemerintah pusat dan daerah. Dengan kemandirian selama ini, dapat membina mahasiswa dari berbagai kalangan dan berbagai bidang ilmu.

“Jadi, wajar UMK selalu maju, apalagi dengan program kampus merdeka, mandiri, dan bersifat komprehensif. Artinya, lengkap sudah dalam mendidik anak harapan bangsa. Apalagi visi misi UMK sejalan dengan program pemerintah daerah (pemda),” ucapnya.

Dia berpesan, kecerdasan ilmu yang didapat di kampus, penting untuk mendukung kesempurnaannya yang harus ditunjang dengan kecerdasan emosional dan spiritual, yakni mampu mengendalikan emosi.

“Kita tidak dianggap teladan dan terbaik kalau hanya memiliki ilmu pengetahuan. Melainkan harus tanamkan dan dipedomani kecerdasan emosional dan spiritual,” paparnya.

Rektor UMK Amir Mahmud SPi MP menuturkan, wisuda sarjana XXI UMK 2020/2021, sebanyak 622 orang, yang tersebar di 13 program studi (prodi).

Berdasarkan statistik alumni UMK 2020, jumlah alumni secara keseluruhan (15 tahun) sebanyak 14.199 orang termasuk diwisuda hari ini (kemarin, red).  Hal ini menunjukkan bahwa setiap tahun UMK meluluskan alumni rata-rata 947 orang. (din/nir)

Facebook Comments