Selayang Pandang Kampus USN: Transformasi Sukses di Bawah Kepemimpinan Azhari

Refleksi Dies Natalis ke-7 USN Kolaka

296
Rektor USN Kolaka, Dr Azhari.

KOLAKA, BKK- Universitas Sembilanbelas November (USN)  Kolaka merayakan Dies Natalis ke-7, 2 April 2021. Di usianya yang masih belia, Kampus yang dijuluki Merah Marun itu, menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun, seperti gedung perkuliahan, fasilitas pendukung ataupun tenaga pengajar (dosen).

USN Kolaka mempunyai sejarah yang cukup panjang hingga seperti sekarang, itu bermula pada 1984 dan masih berstatus yayasan yang dikelola oleh Yayasan Pembangunan Pendidikan Indonesia Kolaka atau YAPPIKA dan diberi izin untuk mendirikan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP). Baru pada 2005 dari STKIP berubah nama menjadi Universitas Sembilanbelas November Kolaka. Pada 2014 berubah status menjadi Universitas Negeri Baru atau PTNB di Sulawesi Tenggara.

Di usia yang ke-7 berstatus negeri USN Kolaka sukses mencetak para cendekiawan. Hal itu tak terlepas peran dari sosok Dr Azhari, melalui tangan dinginnya ia berhasil mengubah dari kampus swasta ke universitas negeri dalam waktu yang cukup singkat. Ia pun dikenal sebagai “Founding Father” atau Bapak Pendiri di bidang Pendidikan Tinggi di Kabupaten Kolaka.

“Dulu jangankan di luar pagar kampus, kita di dalam saja masih ada satu dua, yang tidak yakin USN akan negeri, itu memang tidak gampang, tapi Alhamdulillah pada tahun 2014 akhirnya kita bisa menjadi Universitas Negeri,” ucapnya saat memberikan sambutan pada perayaan Dies Natalis USN Kolaka yang ke-7 diaula Auditorium Kampus Senin (5/4).

Pria kelahiran 10 Juni 1976 ini dahulu, pernah mengenyam pendidikan di SMAN 1 Mawasangka, Kabupaten Buton Tengah, Sultra. Setelah lulus ia salah satu yang berhasil untuk melanjutkan pendidikan kedinasan di Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) dan lulus pada tahun 1999 di Jatinangor Sumedang, Jawa Barat.

Di dunia pemerintahan, pada tahun 1999 Azhari masuk di Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka sebagai Staf Ahli Bupati Kolaka Buhari Matta hingga pada 2012.

Kesuksesannya dalam menjadikan kampus negeri tentulah tidak mudah. Banyak hal yang menjadi tantangan bagi Azhari bisa menyelasaikannya. Berbekal semangat serta kerja keras  berbuah manis pada akhirnya. Alhasil ia menjadi rektor termuda di usia 26 tahun waktu itu.

Pada momentum Dies Natalis ke-7, Azhari menceritakan saat ia mulai merencanakan kampus baru USN yang ada di Kecamatan Tanggetada tepatnya di Desa Popalia. Pada saat itu ia mempunyai rencana untuk membangun gedung kampus di lokasi kampus utama saat ini (Kelurahan Balandete Kecamatan Kolaka), akan tetapi kendala harga tanah pada saat itu ia mengurungkan rencananya.

“Kemandirian yang kita jalankan itu terus berlanjut sampai dengan penegerian, itu semua ditangani oleh civitas akademika sendiri, mulai dari pengadaan tanah di kampus baru Kecamatan Tanggetada itu semua kita urus sendiri. Kenapa kita memilih di sana karena tanah di belakang kampus mahal, saat itu dananya tidak cukup,” tutur Azhari.

Olehnya itu ia mengharapkan penegerian USN Kolaka di usianya yang ke-7 bisa menjadi bahan untuk introspeksi diri dan menjadikan kampus “Merah Marun” menjadi kampus kebanggaan masyarakat Sulawesi Tenggara dan khusunya di Kabupaten Kolaka.

“Dengan penegerian USN ini maka kesempatan kerja juga semakin terbuka, kesempatan anak-anak kita untuk berkarier di USN itu terbuka lebar, yang menjadi tanggung jawab kita sekarang bagaimana meningkatkan mutu kerja kita, khususnya tenaga pengajar,” tutur Azhari.

Saat ini USN Kolaka telah memiliki 6 (enam) Fakultas dan 30 (tiga puluh) Program Studi, yaitu: Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Agribisnis, Agroteknologi, Ilmu Perikanan, Peternakan, Administrasi Publik, Hukum, Teknik Pertambangan.
Teknik Sipil, Sistem Informasi, Pendidikan Geografi, Pendidikan Jasmani, Pendidikan Pancasila, Pendidikan Biologi, Pendidikan Kimia, Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, Kimia, Teknologi Hasil Pertanian, Ilmu Komputer, D3 Keperawatan, Farmasi, Pendidikan Fisika, Matematika, Ilmu Kelautan, Teknik Mesin, dan Teknik Perkapalan.
USN Kolaka sebagai salah satu PTN baru saat ini tengah intens melakukan berbagai upaya atau terobosan secara berkelanjutan dalam rangka meningkatkan daya saing, baik di bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian, maupun pengabdian masyarakat yang menjadi fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Sebagai Perguruan Tinggi Negeri baru, tentunya USN terus melakukan inovasi dan berbenah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Sulawesi Tenggara khususnya di Kabupaten Kolaka. Dukungan dari masyarakat akan eksistensi Kampus “Merah Marun” di Bumi Mekongga merupakan “Booster” agar dapat berdiri kokoh memajukan pendidikan di Kabupaten Kolaka.

Facebook Comments