Pemkot Kendari Gelar Ujian SD 19 April, secara Tatap Muka

49
Makmur. (FOTO: MITA/BKK)

KENDARI, BKK – Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari memastikan bakal menggelar ujian sekolah (US) secara tatap muka kepada peserta ujian sekolah dasar (SD), yang berjumlah 6.223 peserta dari 166 SD.

Kepala Dinas (Kadis) Dikmudora Kendari Makmur menerangkan, Kamis (8/4), pelaksanaan US tingkat SD bakal dilaksanakan pada 19-23 April.

Dikatakan, perlakuannya akan sama seperti sekolah menengah pertama (SMP) sebagaimana rekomendasi yang dikeluarkan Wali Kota Kendari Nomor: 420/944/2021 tertanggal 30 Maret 2021.

“Nanti kalau US, juga akan melibatkan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19, petugas kepolisian, dan petugas dari puskesmas (pusat kesehatan masyarakat),” ujar Makmur, saat ditemui di kantornya.

Lebih jauh ia menjelaskan, protokol kesehatan yang akan diterapkan  nantinya adalah peraturan datang dan keluarnya siswa. Yakni, pengukuran suhu tubuh yang akan dilakukan oleh petugas sekolah yang didampingi petugas puskesmas.

“Kemudian, nanti siswa yang masuk dalam kelas itu hanya 10 sampai maksimal 17 orang. Kemudian juga, tidak ada istirahat di luar, mereka hanya di dalam ruangan. Setelah itu, pelajaran kedua mereka masuk lagi dan pulang,” bebernya.

Ia pun berharap pelaksanaan US tatap muka bisa berjalan dengan baik dan lancar, mengingat saat ini para petugas pendidikan masih dalam vaksinasi Covid-19.

“Alhamdulillah guru-guru masih sementara divaksin. Jadi, ya, semoga pelaksanaanya bisa berjalan tanpa kendala. Yang utama prokes jangan diabaikan,” tutup Makmur. (cr1/iis)

Facebook Comments