Kawasan Kotamara, Andalan Melepas Senja di Kota Baubau

30
Kawasan Kotamara di malam hari. (FOTO: Instagram/fint_lz)

Kotamara masih menjadi kawasan favorit warga Kota Baubau bahkan wisatawan dari luar daerah, sebagai destinasi wisata melepas senja. Kotamara yang dibangun pemerintah setempat pada 2010, merupakan kawasan reklamasi pantai dari Kelurahan Wameo, Kaobula, dan Nganganaumala, Kecamatan Batu Poaro.

LAPORAN: AL QARATU AINI Q, KENDARI.

Kotamara menjadi salah satu tempat nongkrong yang paling diminati kawula muda. Selain pemandangannya yang indah, letaknya juga sangat strategis yakni di pusat Kota Baubau, hanya memakan waktu 10 menit perjalanan dari Pelabuhan Murhum.

“Kotamara itu menurut saya destinasi wisata gabungan dari Kendari Beach, wisata kuliner di pelataran MTQ, dan taman kantor walikota atau kantor gubernur. Kenapa? Di Kotamara kita bisa menikmati banyak hal, mulai dari pemandangan laut, kulinernya juga lengkap, sampai tempat untuk berolahraga,” ujar Sinta (24), warga asal Kota Kendari, menceritakan pengalamannya saat berkunjung di Kotamara, Selasa (6/4).

Sinta yang beberapa kali ke Kotamara, biasanya berkunjung untuk melihat matahari terbenam dengan secangkir saraba dan gorengan. Sinta juga mengaku pernah datang hanya untuk duduk di beton pinggir laut sambil menikmati desiran ombak pantai.

“Pokoknya, kalau mau cari tempat paling komplit di Baubau, Kotamara menjadi salah satu tempat yang terbaik. Karena aksesnya mudah, yang jualan kuliner juga banyak, anak-anak juga senang main di sana,” ucapnya.

Awan (20), warga Kelurahan Wameo Kecamatan Batu Puaro, mengaku memanfaatkan kawasan Kotamara untuk berlari-lari kecil atau jogging. Awan biasanya melakukan aktivitas olahraga itu pada pagi atau sore hari.

“Kotamara ini kan punya lintasan yang panjang. Jadi biasanya, saya olahraga pagi atau sore, jogging. Tapi selain itu, kan sekarang sudah ada lapangan basket juga, kalau nggak jogging ya saya dengan teman-teman main basket,” ujar Awan.

Keindahan Kotamara juga dijadikan warga setempat untuk sekedar berswafoto ria. Sabrina (25) warga Kelurahan Batulo Kecamatan Wolio mengaku takjub dengan panorama keindahan kawasan Kotamara.

Di dalam kawasan Kotamara, juga terdapat masjid dan rusun yang letaknya persis di pinggir laut. Di malam hari, kawasan Kotamara dihiasi gemerlap lampu tumblr di samping terangnya lampu jalanan.

“Orang-orang kan biasanya datang ke Kotamara untuk menikmati senja. Karena memang lokasinya langsung di pinggir laut, luas, jadi matahari terbit dan terbenam itu bisa langsung kita nikmati,” ujar Sabrina.(*)

Facebook Comments