Fenomenal Bunga Keladi yang Tengah Naik Daun

61
Caladium Tears of The Sun.

Meski sempat diabaikan, sekarang bunga keladi sangat diperhitungkan keberadaannya. Caladium atau dikenal dengan sebutan keladi merupakan tanaman yang menawarkan corak warna daun yang amat memesona. Bunga keladi kini mempunyai nilai jual bahkan  tembus sampai ratusan ribu.

Laporan: WATY, Kendari

Membeludaknya permintaan pasar membuat tanaman Caladium kini sulit dicari. Salah satu penjual tanaman hias di Kota Kendari, Nurlila mengatakan, saat ini tanaman yang paling banyak diminati itu bunga keladi.

“Dalam setiap hari caladium ada yang beli, tidak menentu banyaknya, kadang 10 atau 20 polybag,” terangnya, Senin (5/4).

Nurlila menjelaskan, harga tanaman keladi bervariasi tergantung jenisnya, mulai dari Rp25 ribu sampai ratusan ribu.

“Pesona daunnya yang luar biasa menjadi alasan untuk memiliki caladium,” kata Nurlila.

Di sisi lain, Marnia yang merupakan pencinta bunga menyampaikan kekagumanannya terhadap caladium yang memiliki warna dengan corak yang cantik-cantik.

“Untuk saat ini saya sudah mempunyai koleksi 11 macam caladium,” ujarnya saat di temui di kediamannya.

Di situs jual beli online, harga termurah tanaman caladium adalah jenis bicolour yakni Rp10 ribu. Daunnya punya bintik warna merah dan putih.

“Saya menambah koleksi kadang beli penjual tanaman serta saya memesan di aplikasi jual beli online,” katanya.

Dipetik dari berbagai sumber, ada 7 tanaman hias keladi dengan harga mahal yaitu:

  1. Tanaman hias keladi sexy pink langsung mencuri perhatian para pecinta keladi. Harga bibit per anakan dari keladi sexy pink ini berkisar Rp80-150 ribu. Sedangkan harga keladi sexy pink dewasa bisa mencapai Rp300-500 ribu. Keunikan dari tanaman hias ini warna daunnya yang bervariasi mulai pink muda sampai pink saat dewasa.
  2. Tanaman hias keladi Shy Cool keunikannya terletak pada warna merah pada daunnya yang seperti terkena cat merah. Harga bibit dari keladi shy cool berkisar Rp70-120 ribu, sedangkan untuk harga dewasa Rp200-500 ribu.
  3. Tanaman hias keladi Fannie Munson keunikan tanaman hias memiliki warna daun yang merah dan urat daun merah tua transparan. Harga bibit keladi fannie munson dibanderol Rp60-80 ribu dan versi dewasa Rp150-200 ribu.

4.Tanaman hias keladi baret harga tanaman hias ini dijual untuk per anakan Rp50-100 ribu sedangkan yang dewasa sekitar Rp200-300 ribu. Keunikan dari keladi baret ini adalah perpaduan warna hijau dan merah menyala. Keunikannya itu yang membuatnya diburu oleh para pecinta keladi.

  1. Tanaman hias keladi Carolyn Whorton keladi satu ini juga menjadi incaran pecinta keladi. Harga anakan dari tanaman hias keladi carolyn whorton berkisar antara Rp50-100 ribu, sedangkan harga dewasa Rp100-200 ribu. Keunikan keladi carolyn whorton pada motif bercak merah, hijau dan putih.
  2. Tanaman hias keladi White Christmas populer karena keunikannya. Harga anakan tanaman hias keladi jenis white christmas ini Rp10-50 ribu dan versi dewasa Rp100-200 ribu. Keunikan jenis keladi ini adalah daunnya pada tanaman yang dewasa semuanya berwarna putih dengan urat daun hijau.
  3. Tanaman hias keladi Wayang atau Thai Beauty tanaman hias keladi ini termasuk jenis keladi termahal yang ada di Indonesia. Harga anakan keladi wayang dijual sekitar Rp50-100 ribu dan dewasanya Rp100-300 ribu. Keunikan tanaman hias keladi wayang pada motifnya yang seperti batik merah, putih dan hijau. (*)
Facebook Comments