Evaluasi Pilkada Serentak 2020 di Sultra Akan Dibahas Lewat Diskusi Publik

279

KENDARI, BKK – Evaluasi pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 2020 yang lalu akan dibahas dalam acara “Disuksi Publik” di Imperial Hotel Kendari, Sabtu (17/4) mulai pukul 09.00 Wita.

Acara ini dilaksanakan Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Halu Oleo (UHO).

Diskusi publik tersebut menghadirkan empat narasumber. Mereka adalah Rektor UHO, Prof Muhammad Zamrun, guru besar Fisip UHO, Prof Eka Suaib, Ketua KPU Sultra, Dr La Ode Abdul Natsir, dan Ketua Bawaslu Dr Hamiruddin Udu.

“Kegiatan ini merupakan jawaban atas pertanyaan masyarakat bagaimana tanggung jawab penyeleggara Pemilu dalam menyampaikan hasil kerja mereka kepada publik,” ujar Ketua Jurusan Ilmu Politik UHO, Dr M Najib Husain, Rabu (14/4).

Selain diskusi publik, juga akan dilakukan launching (peluncuran) buku
berjudul Potret Pilkada Serentak 2020. Buku ini dibuat selama 6 bulan dengan melakukan pengumpulan data baik melalui wawancara langsung maupun melalui dokumentasi di media cetak dan media online atau siber.

“Mahasiswa Ilmu Politik Fisip UHO sudah mengupas dan memotret Pilkada serentak pada 7 kabupaten, namun semua itu perlu penajaman dalam sebuah forum diskusi publik,” jelas Najib yang akan bertindak sebagai moderator.

Najib menyebutkan, kegiatan ini akan dihadiri seluruh KPU dan Bawaslu kabupaten/kota se-Sultra serta tokoh-tokoh masyarakat dan pegiat Pemilu. (mah)

Facebook Comments