DAU Muna Dipangkas 8 Persen untuk Penanganan Covid-19

77
LM Rusman Emba

RAHA, BKK – Pemerintah pusat memangkas dana alokasi umum (DAU) 2021 Kabupaten Muna dipangkas sebanyak 8 persen untuk penanganan Covid-19.

Hal ini diungkapkan Bupati Muna, LM Rusman Emba saat memimpin rapat refocusing anggaran 2021 di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Muna, Rabu (31/3). Kata dia, jika DAU Muna sebanyak 48 miliar dipangkas untuk penanganan Covid-19.

“Kalau bicara item kegiatan yang terpaksa harus kita hilangkan, tentu kegiatan yang belum mendesak. Untuk jelasnya, bisa konfirmasi kepada instansi teknis yaitu BKAD Muna. Karena bicara angka-angka jangan sampai saya keliru, ” katanya.

Ditempat terpisah Kepala BKAD Muna, Amrin Fiini saat dikonfirmasi hal ini mengatakan total DAU Muna tahun  2021 sebesar Rp 611 miliar. “8 persen dari total DAU atau sekitar 48 miliar harus direfocusing untuk penanganan Covid-19, ” ujarnya.

Berdasarkan keputusan, jelas dia, pemerintah pusat membebankan penanganan Covid-19 kepada masing-masing daerah. Diantaranya untuk penyuntikan vaksin dan pembayaran insentif tenaga medis.

“Sedangkan terkait item kegiatan yang akan direfocusing dan besaran nilianya akan kita kaji bersama oleh TAPD. Kita terget akan tuntas pada 14 April mendatang, ” pungkasnya. (tri/nan)

Facebook Comments