Asosiasi Pelayaran Nasional Akan Dibentuk di Kendari

135
Foto bersama usai pembentukan panitia Rapat Anggota Cabang INSA Kendari, Jumat (9/4).

KENDARI, BKK – Dalam waktu dekat ini, Indonesian National Shipowners’ Association (INSA) atau Asosiasi Pengusaha Pelayaran Niaga Nasional Indonesia akan dibentuk di wilayah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).
Melalui Rapat Anggota Cabang (RAC) INSA Kendari periode 2021- 2024, yang turut dihadiri Dewan Pengurus Pusat (DPP) INSA. Terbentuknya INSA di Kendari, akan menambah INSA yang sudah terbentuk menjadi 45 cabang di seluruh Indonesia.

Salah seorang inisiator pembentukan  panitia Rapat Anggota Cabang (RAC) INSA Kendari, H Muh Sapril MS mengatakan, INSA merupakan organisasi masyarakat pelayaran, yang telah disahkan sebagai badan hukum oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) pada 12 April 2016.
Ia menjelaskan, sesuai visi misinya, INSA tidak pernah berhenti mendukung kemajuan dunia kemaritiman khususnya di bidang pelayaran niaga yang ada di Indonesia.

Selain itu, INSA mendukung pemerintah mengembalikan kejayaan niaga nasional sesuai dengan instruksi Presiden (Inpres) Nomor 5 tahun 2005, tentang Pemberdayaan Industri Pelayaran Nasional. Kemudian Inpres ini diperkuat dengan Undang-Undang No.17 tahun 2008 tentang Pelayaran.

“Jadi dengan terbentuknya INSA Kendari nanti, akan sangat memberikan kontribusi untuk kejayaan industri maritim nasional khususnya Sultra. Semoga Sultra menjadi barometer Indonesia Timur,” ujar Sapril usai pembentukan panitia RAC di Hotel Benua Kendari,  Jumat (9/4). Pada pemilihan panitia,  Capt. HM. Gazali terpilih sebagai ketua panitia.

Selain itu, ujar Sapril, INSA Kendari nanti tentu bersama pemerintah secara aktif melakukan koordinasi untuk merumuskan suatu kebijakan-kebijakan yang pro terhadap kegiatan industri pelayaran nasional.

“INSA sendiri merupakan asosiasi pelayaran niaga nasional Indonesia satu-satunya yang diakui pemerintah, sehingga sangat penting melakukan kolaborasi bersama pemerintah dalam menjalankan regulasi yang ada di laut sehingga menciptakan rasa aman dan nyaman,” ucapnya.

Ia berharap, dengan terbentuknya INSA di Kendari dapat menjadi wadah kepada pengusaha pelayaran niaga di Sultra  yang secara langsung dan tidak langsung dapat meningkatkan perekonomian nasional khususnya di daerah.

“Tidak kalah penting, INSA ini mendukung program Gubernur Sultra yang mau menjadikan pelabuhan Bungkutoko sebagai pelabuhan bertaraf internasional,” jelasnya. (din)

Facebook Comments