5 Gugur, 7 Balon Rektor UHO Melaju ke Tahap Penjaringan

76
Dr Mohammad Salam
Prof Muhammad Zamrun
Prof Ma’ruf Kasim
Prof Buyung Sarita
Dr Bahtiar
Mustarum Musaruddin
Prof Dr Muhammad Nurdin

 

 

KENDARI, BKK- Sebanyak 5 bakal calon (balon) dari 12 figur yang mendaftar Pemilihan Rektor (PIlrek) Universitas Halu Oleo (UHO) harus menelan kekecewaan, setelah rapat senat penetapan balon rektor menyatakan kelimanya gugur.

Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Pilrek UHO  2021 Prof Weka Widyawati menerangkan, pihaknya melakukan verifikasi berkas sejak 26- 30 Maret 2021, kemudian disahkan melalui rapat senat penetapan balon rektor pada 31 Maret 2021, di ruang rapat senat, gedung Rektorat UHO.

“Hanya 7 yang lolos dalam tahapan seleksi berkas. Berkait 5 orang yang tidak lulus berkas, dikarenakan tidak memenuhi sejumlah kriteria calon dari 14 kriteria yang ditetapkan,” jelasnya.

Mereka yang gugur adalah Ir H Yani Taufik MSi PhD, Dr Eng Jamhir Safani SSi MSi, Dr Ir Anas Nikoyan MSi, Prof Dr Nurlansi MSi, dan Dr Abdi SP MP.

“Lima yang dinyatakan gugur di seleksi berkas bukan berarti  berkasnya tidak memenuhi semua kriteria, tapi bervarian. Misalnya, kriteria usia harus maksimal 60 tahun tapi yang mendaftar ada 60 tahun 4 bulan, dan itu sudah disampaikan alasan dan pertimbangannya di hadapan senat,” ujarnya.

Sedangkan, ketujuh figur yang lolos seleksi berkas, yakni Dr Mohammad Salam, Prof Muhammad Zamrun, Prof Ma’ruf Kasim, Prof Buyung Sarita, Dr Bahtiar, Mustarum Musaruddin, dan Prof Dr Muhammad Nurdin.

“Tujuh yang dinyatakan lolos seleksi berkas ini sudah berstatus balon rektor,” ucapnya.

Selanjutnya,  panitia akan menyampaikan hasil rapat senat ini ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI sekaligus mengundang untuk menghadiri tahapan penjaringan.

Serta penerimaan dokumen visi misi dan program kerja Balon Rektor UHO 1-8 April 2021.

Kemudian, rapat senat terbuka pemaparan visi misi dan program kerja balon rektor 12- 16 April, dan sorenya dilanjutkan rapat senat tertutup pemilihan 3 calrek.

Penyampaian hasil penyaringan 3 calrek ke Mendikbud beserta dokumen kelengkapannya dan penyampaian undangan pemilihan calrek pada 19-23 April 2021. Rapat senat tertutup pemilihan calrek , penyerahan hasil calrek terpilih kepada Rektor UHO pada 3 Mei-31 Juni 2021.

“Penyampaian calrek terpilih kepada Mendikbud 3 Mei- 3 Juli 2021. Sedangkan penetapan dan pelantikan Rektor UHO periode 2021- 2025, ditargetkan 19 Juli 2021,” pungkasnya. (din/iis)

Facebook Comments