Ratusan Guru di Sultra Bakal Dilibatkan dalam Pembuatan Soal US Tingkat SMA

59
La Samahu. (FOTO: SUMARDIN/BKK)

KENDARI, BKK- Tercatat sebanyak 102 guru di 17 kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara (Sultra), bakal terlibat dalam pembuatan soal Ujian Sekolah (US) tingkat Sekolah Menegah Atas (SMA).

Kepala Bidang (Kabid) SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sultra, La Samahu mengatakan, bahwa pelaksanaan US tingkat SMA di Sultra dilaksanakan pertengahan April, tetapi Dikbud memberikan kewenangan kepada sekolah selama tidak melewati tahun pembelajaran.

Ia menjelaskan, ada 302 sekolah di Sultra yang bakal menggelar US. Saat ini pihaknya sudah melakukan proses pendataan jumlah siswa yang ditargetkan rampung  Maret ini, selain itu pihaknya juga akan melakukan kunjungan di sekolah guna memastikan kesiapan mereka.

“Kita rencanakan pertengahan Maret ini soal US sudah rampung. Untuk pelaksanaan Try Out kita kembalikan ke sekolah masing-masing, tapi harus mengacu kepada regulasi yang ada,” ujarnya, Selasa (2/3).

Kata dia, US sendiri dilaksanakan secara dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring), tergantung situasi. Makanya, kata dia, Dikbud tidak henti-hentinya mengimbau sekolah untuk mempersiapkan segala sesuatunya, sembari menunggu informasi selanjutnya dari Dikbud.

Ditegaskan, US sendiri bukan merupakan satu-satunya syarat kelulusan siswa, melainkan bagian yang tidak terpisahkan sebagai indikator ketuntasan pembelajaran.

“US, nilai rapor setiap semester, sikap dan karakter siswa bisa dijadikan indikator kelulusan siswa. Kalau tidak mengikuti US karena sakit dan alasan lain, guru bisa memberikan tugas tambahan,” tuntasnya. (din/nir)

Facebook Comments