Askrening Imbau Masyarakat Tidak Percaya Oknum Janjikan Kelulusan Camaba di Poltekkes

36
Askrening. (FOTO: SUMARDIN/BKK)

KENDARI, BKK – Direktur Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Kendari Askrening, mengimbau agar masyarakat tidak mudah percaya dengan oknum yang menjanjikan kelulusan dalam penerimaan calon mahasiswa baru (camaba) di kampus yang di pimpinnya.

Ia menjelaskan, bahwa penerimaan Camaba di Poltekkes Kendari, benar- benar murni dan sudah sesuai petunjuk teknis (juknis).

“Nah, saya harap jika menemukan ada oknum yang bermain dan memanfaatkan momen penerimaan camaba untuk meraup keuntungan, tolong dilaporkan agar kami proses,” ujarnya, Selasa (2/3).

Dikatakan, penerimaan camaba tahun ini Poltekkes Kendari membuka 3 jalur pendaftaran. Yakni, sebut dia, Penelusuran Minat dan Prestasi (PMDP), Seleksi Bersama Penerimaan Mahasiswa Baru (SIMAMA), dan Mandiri.

Ia menuturkan, PMDP merupakan jalur prestasi baik akademik maupun nonakademik. Sedangkan, tambah dia, jalur SIMAMA,  proses seleksinya langsung dari panitia pusat menggunakan Computer Based Test (CBT).

“Kuota Maba di Poltekkes Kendari sebanyak 750 orang, dengan rincian jalur PMDP 50% dan SIMAMA 50%. Tapi kalau SIMAMA tidak terpenuhi kuotanya, maka dialihkan di jalur Mandiri,” jelasnya.

Adapun rincian kuota masing-masing program studi (prodi), sambung dia, Keperawatan Kendari 150 orang, Keperawatan Buton 50 orang, Kebidanan D-III 200 orang, Analis 100 orang, Gizi D-III 100 orang, Gizi D-IV 50 orang, D-IV ahli jenjang 100 orang.

“Kalau dibandingkan dengan sekolah kesehatan lain, Poltekkes masih lebih unggul. Jadi tidak heran kalau masih menjadi pilihan pertama,” pungkasnya. (din/nir)

Facebook Comments