Wali Kota: Akhir Februari Giliran Masyarakat Divaksinasi

36
H Sulkarnain. (FOTO:MITA/BKK)

KENDARI, BKK- Wali Kota Kendari H Sulkarnain mengungkapkan akhir Februari ini giliran masyarakat umum yang akan menjadi sasaran vaksinasi coronavirus disease 2019 (Covid-19).

“Mulai akhir bulan ini sudah akan dibuka untuk vaksinasi gelombang II sebanyak 12.000 vaksin jenis Sinovac. Sasaran utamanya adalah masyarakat Kota Kendari secara keseluruhan. Jadi, diharapkan masyarakat tidak menolak saat akan divaksinasi,” ujar Sulkarnian, Kamis (18/2).

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengatakan, jelang pembukaan vaksinasi gelombang II, pihaknya akan lebih mengoptimalkan peran kelurahan sampai tingkat RT/RW dalam menyosialisasikan program vaksinasi yang selama ini menurutnya sudah berjalan dengan baik.

“Sosialisasi soal vaksin kan sudah lama kita jalankan, bahkan kita bentuk dari kelurahan sampai ke tingkat RT/RW. Hanya memang, mungkin nanti kita akan lebih optimalkan saja perannya, kita akan dorong supaya lebih bisa berperan maksimal menyosialisasikan program vaksinasi,” lanjutnya.

Terbuka untuk Penolakan

Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kendari Andi Sulolipu menitip pesan agar vaksinasi kepada masyarakat bisa berjalan dengan baik, pemkot dan gugus tugas harus melakukan pendekatan secara humanis, yaitu KIE (komunikasi, informasi, dan edukasi).

“Pemerintah harus mengatur sistem edukasi yang baik. Misalnya, libatkan tokoh masyarakat, adat, agama, untuk ikut mengedukasi masyarakat sampai tataran bawah, sehingga mereka tergerak hatinya mau divaksinasi. Tapi, pemerintah juga harus menerima kalau ada masyarakat yang menolak untuk divaksinasi,” menurut Andi, Kamis (18/2).

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini menjelaskan, masih adanya masyarakat yang menolak divaksinasi tidak hanya terjadi di Kendari saja, tapi di daerah lain juga mengalami hal yang sama. (cr1/iis)

Facebook Comments