Tahun Ini Pemkab Butur Anggarkan Miliaran Pembenahan Hunian Warga

16
Aslimin

BURANGA, BKK – Tahun 2021 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Utara (Butur) melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Perumahan setempat, menganggarkan sebesar Rp 1,1 miliar untuk membenahi hunian warga agar lebih representatif.

Pembenahan rumah tak layak huni (RTLH) di daerah paling utara pulau Buton ini sudah masuk dalam anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) tahun 2021.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perumahan dan  Kawasan Perumahan Butur, Aslimin mengatakan sesuai notulen hasil rapat bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan DPRD, disepakati biaya sebesar Rp 1,1 miliar untuk membenahi RTLH dalam APBD 2021. Anggaran sebesar itu diproyeksi bisa membenahi 56 unit RTLH di daerah tersebut.

“Kita prediksi bisa membenahi puluhan rumah. Bisa jadi 56 unit RTLH. Karena, satu unit rumah mendapatkan gelontoran anggaran Rp 20 juta, sudah termasuk biaya kerja tukang,” kata Aslimin ditemui di kantornya, akhir pekan kemarin.

Olehnya itu, sambung dia pihaknya kini tengah melakukan verifikasi penerima bantuan program menyusul disetujuinya berkas dokumen pelaksanaan anggaran.” Saya berharap, verifikasi mampu menghasilkan data penerima yang tepat sasaran sesuai kondisi fisik bangunan rumah yang diusulkan,” ujarnya.

Dijelaskannya, data yang masuk baik melalui proposal maupun usulan lainnya sekarang jadi bahan pertimbangan untuk diinventarisir dan dilakukan verifikasi berkas. “Langkah selanjutnya kita survei ke lapangan untuk kroscek faktual penerima bantuan,” tuturnya. (dar/nan)

Facebook Comments