Pusat Belum Turunkan Pj, Gubernur Tunjuk Sekab Jadi Plh Bupati Konsel

16
Basiran. (FOTO: FAYSAL/BKK).

KENDARI, BKK- Mengisi kekosongan kekuasaan di Kabupaten Konawe Selatan Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi menunjuk Sekretaris Kabupaten (Sekab) Sjarif Sajang menjabat pelaksana harian (plh) bupati, sambil menunggu penjabat (pj) bupati yang dipilih Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Masa jabatan Surunuddin dan Arsalim sebagai Bupati dan Wakil Bupati Konsel resmi berakhir Selasa (23/2).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro (Karo) Pemerintahan Sultra Basiran mengatakan, hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Konsel 2020 masih berproses di Mahkamah Konstitusi (MK), maka yang melaksanakan tugas bupati adalah penjabat bupati (pj).

“Pj itu diangkat melalui surat keputusan Mendagri dan dilantik oleh Gubernur, yang melaksanakan tugas sama dengan bupati definitif, sampai dilantiknya bupati hasil pilkada. Tetapi, karena sampai hari ini SK Pj Bupati Konsel belum juga ada, maka untuk mengantisipasi tidak terjadi kekosongan kekuasaan, maka gubernur hari ini menunjuk plh bupati untuk melaksanakan tugas bupati sehari-hari,” jelas Basiran, Senin (22/2).

Dikatakan, jabatan plh hanya berlaku selama seminggu, sama halnya dengan yang terjadi di Butur, Konkep, dan Koltim.

Pria yang juga Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sultra ini mengungkapkan, saat ini usulan SK bukan saja tentang Pj Bupati Konsel tetapi juga beberapa bupati definitif lainya, seperti, bupati terpilih Butur, Kolut, dan Konkep.

“Bila memang usulan nanti, SK-nya bersamaan terbit, maka pelantikan bisa dilakukan sekaligus keempatnya. Tinggal kita lihat nanti seperti apa,” ungkapnya. (cr3/iis)

Facebook Comments