Pemprov Ungkap Rahasia Agar Pemda Diguyur DAK Pariwisata dari Pusat

54
La Ode Saifuddin. (FOTO: FAYSAL/BKK)

KENDARI, BKK- Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mendapatkan bantuan pusat miliaran rupiah untuk pengembangan wisata tahun ini.

“Kami ada bantuan peningkatan destinasi pariwisata tahun ini baik fisik maupun nonfisik,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Sultra La Ode Saifuddin, Kamis (18/2).

Saifuddin menjelaskan, untuk bantuan fisik sekitar hampir Rp6 miliar. Diinjeksi melalui dana alokasi khusus (DAK).

“Itu akan digunakan untuk pengembangan lanskap untuk mengatur pemandangan Pantai Taipa dan Bokori. Selanjutnya, pembuatan talud kelanjutan tahun lalu,” .

Untuk nonfisik, beber dia, pengembagan sumber daya manusia (SDM) dan kelembagaan itu sekitar Rp800 juta.

Saifuddin berharap, dalam pengembangan dan peningkatan destinasi pariwisata di Sultra ini adanya keharmonisan atau kolaborasi antara pemerintah kabupaten/kota dengan provinsi.

“Karena masih ada juga beberapa kabupaten/kota yang dalam rangka penganggarannya itu selalu mengharapkan bantuan dari provinsi. Padahal pemerintah provinsi sudah sering menyampaikan bahwasanya untuk pengembangan pariwisata itu, pertama-tama, dia harus mempunyai roh. Rohnya itu adalah rancangan peraturan daerah (raperda) harus diperhatikan,” ungkapnya.

Sebab, alas Saifuddin, sampai saat ini pemerintah kabupaten/kota masih ada juga yang belum punya rencana induk pariwisata daerah.

“Karena apa? Untuk mendapatkan bantuan-bantuan dari pusat itu, seperti DAK, harus mempunyai raperda rencana induk pariwisata daerah. Tanpa ada itu tidak akan dilayani bantuan-bantuan dari pusat,” ungkapnya. (cr3/iis)

Facebook Comments