Pemprov Pastikan Pelantikan Bupati Terpilih Butur, Koltim, dan Konkep Akhir Bulan Ini

85
Basiran. (FOTO: FAYSAL/BKK).

KENDARI, BKK – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) memastikan, bahwa pelantikan bupati terpilih Buton Utara (Butur), Kolaka Timur (Koltim), dan Konawe Kepulauan (Konkep) akhir Februari ini.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sultra Basiran mengukapkan, berkas usulan pelantikan bupati terpilih di 3 daerah tersebut sudah di Kementerian Dalam Negeri (Kemedagri), saat ini tinggal menunggu jadwal untuk dilantik.

“Jadi, pelantikannya itu paling lama akhir Februari 2021 ini,” ujar Basiran lewat pesan WhatsApp, Rabu (17/1).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Pemerintahan Sultra itu pun berharap agar pekan ini sudah terbit Surat Keputusan (SK) Mendagri, tentang pengangkatan bupati dan wakil bupati terpilih di 3 dareah tersebut.

“Sehingga, sebelum tanggal 26 Februari 2021 ketiga bupati terpilih tersebut sudah dilantik Gubernur Sultra Ali Mazi,” paparnya.

Dia bilang, usulan pelantikan sudah diantarkan secara langsung sejak Kamis (11/2) 2021 lalu. Tapi, lanjutnya, proses penetapan SK Mendagri sudah terproses sejak diterimanya berkas secara online melalui aplikasi Sistem Online Layanan Administrasi (SiOLA) Kemendagri pada 2 Februari 2021.

“Dan saat ini sedang dalam proses penandatanganan Mendagri bersama dengan kabupaten/kota lainnya se-Indonesia hasil Pilkada 2020, yang tidak ada masalah gugatan di MK,” ungkapnya.

Dia menyebut, akhir masa jabatan (AMJ) bupati di 3 daerah tersebut pada Rabu (17/2) kemarin. Sehingga, papar dia, gubernur melakukan penunjukan 3 sekretaris daerah (Sekda) yakni Butur, Koltim, dan Konkep pada Selasa (16/2), sembari menunggu jadwal pelantikan bupati definitif diterbitkan Mendagri.

“Hal itu, sesuai surat Mendagri yang ditujukan nomor 120/738/OTDA tanggal 3 Februari 2021 perihal penugasan pelaksana harian (Plh) kepala daerah, gubernur akan menugaskan sekda selain tugasnya sebagai sekda juga sebagai Plh bupati,” tuntasnya. (cr3/nir)

Facebook Comments